Pengembangan e-Modul Materi Larutan Penyangga Dengan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) Di SMAN 11 Muaro Jambi

Silfiyani, Dwi (2024) Pengembangan e-Modul Materi Larutan Penyangga Dengan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) Di SMAN 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (135kB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SILFIYANI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (144kB)
[img] Text
ABSRAK.pdf

Download (143kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penggunaan e-modul dapat membantu terlaksananya pembelajaran yang lebih mandiri dan mampu meningkatkan minat belajar siswa yang fleksibel, praktis, dapat digunakan kapan saja serta visualisasi menarik. Pada materi larutan penyangga, siswa dituntun agar mampu memahami konsep larutan penyangga yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul materi larutan penyangga dengan pendekatan Chemo-Entrepreneurship secara spesifik untuk membuat siswa tertarik belajar kimia dan untuk mengetahui apakah e-modul materi larutan penyangga dengan pendekatan CEP yang didesain khusus untuk siswa kelas XI IPA SMAN 11 Muaro Jambi yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi & media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli materi yaitu 3,71 (sangat layak) dan dari ahli media yaitu 3,64 (sangat layak) sehingga dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan tanggapan dan penilaian dari guru yang berisikan bahwa e-modul yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada siswa, dengan rerata skor 3,7 (sangat layak). Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa yaitu 89,25% (sangat baik). The use of e-modules can help carry out more independent learning and can increase student interest in learning that is flexible, practical, can be used at any time and interesting visualizations. In the buffer solution material, students are guided to be able to understand the complex concept of buffer solution. This study aims to determine the process of developing e-modules of buffer solution material with a Chemo-Entrepreneurship approach specifically to make students interested in learning chemistry and to find out whether the e-module of buffer solution material with the CEP approach specifically designed for grade XI IPA SMAN 11 Muaro Jambi students is developed theoretically and practically. This research is a development research using the Lee & Owens development model. The research instruments used were interview guidesheets and questionnaires. Products from development are validated by material & media experts and assessed by teachers who then conduct small group trials. The data analysis techniques used are qualitative data analysis and quantitative data analysis. The results of this study obtained an average score from material experts which is 3.71 (very feasible) and from media experts which is 3.64 (very feasible) so that it is declared feasible to be tested. Furthermore, based on responses and assessments from teachers containing that the e-modules developed are appropriate and feasible to be tested on students, with an average score of 3.7 (very feasible). As well as getting a very good response from students with a student response percentage of 89.25% (very good).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-modul, larutan penyangga, chemo-entrepreneurship
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SILFIYANI
Date Deposited: 15 May 2024 02:46
Last Modified: 15 May 2024 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63631

Actions (login required)

View Item View Item