Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi

Amalia, Dian Rizki (2024) Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
Dian Rizki Amalia-Draft Skripsi (2) (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (747kB)
[img] Text
hal pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (371kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

Kemampuan Reversible Thinking menjadi kemampuan yang sangat penting dimiliki siswa ketika memecahkan permasalahan matematika. Melalui kemampuan Reversible Thinking siswa mampu melihat cara penyelesaian masalah bukan hanya dari satu sudut pandang saja, tetapi juga pembalikannya. Kemampuan ini memungkinkan siswa agar mampu menyelesaikan masalah matematika secara kompleks Namun kenyataannya kemampuan Reversible Thingking masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kemampuan Reversible Thinking siswa pada materi persamaan linear satu variabel. Ini merupakan penelitian deskriptif dan termasuk dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 17 Kota Jambi dengan subjek penelitian yang berjumlah 9 orang. Instrumen tes pada penelitian ini berupa lembar soal tes kemampuan Reversible Thinking dan lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kemampuan Reversible Thinking siswa berbeda-beda, hal ini dilihat dari hasil jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tes Kemampuan Reversible Thinking, dimana hanya S1 dan S2 yang mampu memenuhi ketiga indikator tersebut dalam menyelesaikan soal tes pada soal nomor 1 dan soal nomor 2. Dan untuk S3, S4, S5, S6, S7, S8, dan S9 memiliki kemampuan Reversible Thinking dengan pencapaian indikator yang beragam.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AMALIA
Date Deposited: 16 May 2024 04:08
Last Modified: 16 May 2024 04:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63721

Actions (login required)

View Item View Item