Oktaviani, Rina (2024) Identifikasi Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Sainstifik Di Raudhatul Athfal Nurul Hikam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. S1 thesis, PG-PAUD.
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
hal pengesahan.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RINA OKTAVIANI BAB 1- BAB5 (1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
Abstract
Abstrak Berdasarkan Observasi yang dilakukan peneliti di RA Nurul Hikam menemukan bahwa berdasarkan keterangan Kepala Sekolah masih terdapat guru belum siap dengan hadirnya Kurikulum 2013. Letak ketidaksiapan guru adalah minimnya pengetahuan tentang kurikulum, rendahnya kreativitas, dan lambatnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah berkaitan dengan Kurikulum 2013. Selain iu latar belakang pendidikan guru yang belum sesuai. Hal ini menyebabkan para guru masih menggunakan pola pembelajaran lama yang bersifat langsung. Dampaknya adalah dalam proses pembelajaran, anak-anak hanya duduk diam mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Kondisi seperti ini berseberangan dengan semangat dasar Kurikulum 2013. Untuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Saintifik Di Raudhatul Athfal Nurul Hikam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian Pada indikator Perencanaan Pembelajaran dapat disimpulkan bahwa kompetensi dasar pada kelas dan semester yang sama dari setiap mata pelajaran menggunakan pembelajaran tematik pendekatan saintifik, tema yang digunakan dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi untuk setiap kelas dan semester, pembelajaran tematik memiliki hubungan kompetensi dasar dengan tema dan guru melakukan pemetaan pada pembelajaran tematik. Pada indikator Penerapan pembelajaran tematik dapat disimpulkan bahwa tersedianya sumber belajar yang memadai, penyelenggaraan pembelajaran tematik berjalan mudah dengan memanfaatkan sumber belajar dan guru membawa sumber belajar ke dalam kelas. Pada indikator Evaluasi Pembelajaran Tematik dapat disimpukan bahwa tingkat keterlibatan, minat dan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran tematik sudah baik, terdapat peningkatan pemahaman dan penyikapan peserta didik terhadap substansi materi dan manfaatnya bagi kehidupan peserta didik sehari-hari dan guru sering mengumpulkan karya peserta didik selama kegiatan pembelajaran yang bisa ditampilkan dalam suatu paparan/pameran karya peserta didik. Sehingga dapat disimplkan bahwa Identifikasi pemahaman guru pendidikan anak usia dini terhadap perencanaan pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik di Raudhatul Athfal Nurul Hikam Kabupaten Tanjung Jabung Barat termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Perencanaan Pembelajaran Tematik, Pendekatan saintifik Abstract Based on observations conducted by researchers at RA Nurul Hikam, it was found that based on the information of the Principal, there were still teachers who were not ready for the presence of Curriculum 2013. The location of the teacher's unpreparedness is the lack of knowledge about the curriculum, low creativity, and the slow socialization carried out by the government regarding the 2013 Curriculum. In addition, the teacher's educational background is not appropriate. This causes teachers to still use old learning patterns that are direct. The impact is that in the learning process, children just sit quietly listening to what the teacher says. This condition is contrary to the basic spirit of Curriculum 2013. To. The purpose of this study was to determine the understanding of Early Childhood Education Teachers towards Thematic Learning Planning Based on the Scientific Approach at Raudhatul Athfal Nurul Hikam, West Tanjung Jabung Regency. The approach in this research is a qualitative approach. Based on the results of research on Learning Planning indicators it can be concluded that the basic competencies in the same grade and semester of each subject use thematic learning with a scientific approach, the themes used can unite the competencies for each grade and semester, thematic learning has a relationship between basic competencies and themes and teachers do mapping on thematic learning. On the indicators of thematic learning implementation, it can be concluded that the availability of adequate learning resources, the implementation of thematic learning runs easily by utilizing learning resources and teachers bring learning resources into the classroom. In the indicator of Thematic Learning Evaluation, it can be concluded that the level of involvement, interest and enthusiasm of students in the thematic learning process is good, there is an increase in students' understanding and attitude towards the substance of the material and its benefits for students' daily lives and teachers often collect students' work during learning activities that can be displayed in a presentation / exhibition of students' work. So it can be concluded that the identification of early childhood education teachers' understanding of thematic learning planning based on the scientific approach in Raudhatul Athfal Nurul Hikam, Tanjung Jabung Barat Regency is in the good category. Keywords: Early Childhood Education Teacher Understanding, Thematic Learning Planning, Scientific Approach
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | OKTAVIANI |
Date Deposited: | 16 May 2024 07:15 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |