Cahaya, Selvi Nur (2024) Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Teks Editorial Kelas XII SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
SELVI NUR CAHAYA (SKRIPSI FULL)-dikompresi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Pengesahan (gabung).pdf Download (434kB) |
Abstract
ABSTRAK Cahaya, Selvi Nur. 2024. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Teks Editorial kelas XII SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat Tahun Ajaran 2023/2024: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra , FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Rustam,S.Pd., M.Hum., (II) Lusia Oktri Wini, M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, pelaksanaan pembelajaran, teks editorial Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran teks editorial kelas XII di SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat pada November 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi saat pembelajaran berlangsung, wawancara guru dan peserta didik dan dokumentasi yang mendukung terkait teks editorial. Setelah data didapatkan lalu dianalisis secara kualitatatif dengan studi kasus yang mengguanakan satuan analisis kasus tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampunyai kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran teks editorial yang terdiri dari 6 indikator; 1) kemampuan membuka pembelajaran berupa motivasi terkait pembelajaran dan langsung melakukan tahapan eksplorasi yaitu guru membuat hubungan diantara materi-materi yang akan dipelajari; 2) kemampuan mengelola kegiatan belajar mengajar dengan melaksanakan tiga kegiatan belajar berupa eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi; 3) kemampuan berkomunikasi dengan siswa yang mengarah pada pembelajaran teks editorial dengan menggunakan pendekatan kepada peserta didik secara kekeluargaan; 4) kemampuan mengorganisasikan kelas dan menggunakan waktu dengan baik; 5) kemampuan melaksanakan penilaian selama proses dan akhir pelajaran dengan menilai tiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap; 6) kemampuan menutup pembelajaran dengan cara memberikan motivasi dan kesimpulan sesuai dengan kompetensi dasar yang dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka, penulis menarik kesimpulan bahwa guru mempunyai enam indikator kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis pada pembelajaran teks editorial kelas XII SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat tahun ajaran 2023/2024. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat mempertahankan kompetensi pedagogik yang telah dijalankan serta meningkatkan kembali kompetensi yang dimiliki sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sebagaimana mestinya. ABSTRACT Cahaya, Selvi Nur. 2024. Teacher Pedagogical Competencies in Learning Editorial Texts for class , (II) Lusia Oktri Wini, M.Pd. Keywords: Pedagogical competence, learning implementation, editorial text This research aims to describe teachers' pedagogical competencies in implementing class XII editorial text learning at SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat for the 2023/2024 academic year. This research was conducted at SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat in November 2023. Research data was obtained by observation during learning, teacher and student interviews and supporting documentation related to the editorial text. After the data is obtained, it is then analyzed qualitatively with a case study that uses a single case analysis unit. The research results show that teachers have pedagogical competence in implementing editorial text learning which consists of 6 indicators; 1) the ability to open learning in the form of motivation related to learning and immediately carry out the exploration stage, namely the teacher makes connections between the materials to be studied; 2) the ability to manage teaching and learning activities by carrying out three learning activities in the form of exploration, elaboration and confirmation; 3) the ability to communicate with students which leads to learning editorial texts using a family approach to students; 4) the ability to organize classes and use time well; 5) the ability to carry out assessments during the process and at the end of the lesson by assessing three aspects, namely knowledge, skills and attitudes; 6) the ability to close learning by providing motivation and conclusions in accordance with the basic competencies learned. Based on the research results obtained, the author draws the conclusion that teachers have six indicators of pedagogical competence in implementing educational and dialogical learning in class XII editorial text learning at SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat for the 2023/2024 academic year. From the results of this research, it is recommended that teachers can maintain the pedagogical competencies that have been implemented and improve the competencies they have so that learning objectives can be achieved as they should.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Pedagogical competence, learning implementation, editorial text |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | CAHAYA |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:37 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 05:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |