Analisis Butir Soal Elemen Membaca dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Berdasarkan Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Kirana. S, Dewi (2024) Analisis Butir Soal Elemen Membaca dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Berdasarkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (137kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kategori kognitif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada butir soal yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kurikulum Merdeka Edisi Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Penelitian ini disebut juga penelitian analisis, dimana pengkajiannya berdasarkan analisis dokumen. Data penelitian ini diambil dari butir-butir soal elemen membaca tipe HOTS yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII terbitan Kemendikbud tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 51 butir soal dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Terbitan Kemendikbud Kurikulum Merdeka Tahun 2021 yang tersebar dalam 6 BAB topik pelajaran merupakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Soal latihan tersebut memiliki karakteristik soal yang sama dan termasuk dalam kategori kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Soal-soal tersebut termasuk dalam ranah KKO (Kata Kerja Operasional) level 3 (penalaran). Adapun saran yang dapat dikemukakan dari penelitian ini adalah untuk penulis buku teks disarankan dapat upaya peningkatan melakukan terhadap karakteristik soal HOTS C4, C5, dan C6 berdasarkan Tujuan Pembelajaran (TP) dan untuk peneliti lain disarankan dapat meneliti aspek lainnya dari HOTS.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku teks, HOTS, dan Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: S
Date Deposited: 20 May 2024 04:49
Last Modified: 17 Jul 2024 06:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63921

Actions (login required)

View Item View Item