Implementasi Model Problem Solving berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pembelajaran Ekonomi Kelas XI.I Di SMAN 1 Bungo

Ramadhan, Rizky (2024) Implementasi Model Problem Solving berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pembelajaran Ekonomi Kelas XI.I Di SMAN 1 Bungo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Rizky Ramadhan_A1A120004.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Cover Skripsi Rizky Ramadhan_A1A120005.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan_Rizky Ramadhan.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Abstrak Rizky Ramadhan_A1A120004.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Bab 1 Rizky Ramadhan_A1A120004.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Bab V Kesimpulan dan Saran_Rizky Ramadhan A1A120004.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Rizky Ramadhan A1A120004.pdf

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan kepada peserta didik kelas XI.I pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Bungo yang pada awalnya menunjukan bahwa kemampuan berfikir kritis masih tergolong rendah dengan data observasi seperti kemampuan menjawab umpan balik sebesar 30%, kemampuan menyelesaikan soal latihan 29% dan kemampuan memberikan argumentasi dan kesimpulan sebesar 35% serta data dari lapor pendidikan 2023 menunjukkan data bahwa kompetensi nalar kritis hanya sebesar 58,21%. Tentu penelitian ini dilaksanakan untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didi pada kelas XI.I terkait mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan dan menerapkan model pembelajaran Problem Solving berbasis HOTS. Sehingga nantinya dapat menstimulus Peserta didik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan nyata dan mampu memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dimiliki. Adapun prosedur penelitian ini akan menggunakan jenis Penelitian Tidakan Kelas dengan pelaksanaannya terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Yang kemudian data akan diolah menggunakan teknik Deskriptif Kuantitatif. Untuk mendapatkan data harus melalui kegiatan Observasi menggunakan Lembar Observasi Kemampuan Berfikir Kritis yang akan dilaksanakan setiap akhir Siklus. Serta nantinya pada akhir siklus akan diberikan angket untuk melihat respond peserta didik selama meelaksanakan pembelajaran Problem Solving berbasis HOTS selama Empat Pertemuan. Hasil Penelitian ini memberoleh data bahwa setelah pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbasis HOTS pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 67,64% atau 23 orang peserta didik mengalami peningkatan kemampuan berfikir kritis dan pada siklus II memperoleh peningkatan sebesar 82,35% atau 28 orang peserta didik mengalami peningkatan kemampuan berfikir kritis. Dan respon peserta didik terhadap model Problem Solving berbasis HOTS memperoleh hasil Sangat Baik. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Solving berbasis HOTS mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik XI.I pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Bungo. Kata Kunci: Problem Solving, HOTS, Berfikir Kritis, Ekonomi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Ramadhan
Date Deposited: 20 May 2024 04:47
Last Modified: 20 May 2024 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63924

Actions (login required)

View Item View Item