MARYANA, DINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEGOS (WEB GOOGLE SITES) TERINTEGRASI TIKTOK MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
DINA MARYANA SKRIPSI.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
COVER FIKS.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
Daftar Pusta skripsi.pdf Download (439kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kuliatas media pembelajaran berbasis WEGOS (Web Google Sites) terintegrasi tiktok menggunakan model Creative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluastion). Subjek pada penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis WEGOS (Web Google Sites) terintegrasi tiktok menggunakan model creative problem solving untuk meningkatkan kemampua berpikir kreatif matematis siswa, dilihat dari segi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, diperoleh dengan tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 82,14% dengan kategori sangat valid, dan pada aspek design sebesar 82,35% dengan kategori sangat valid. Pada tingkat kepraktisan dilihat dari angket praktikalitas oleh guru diperoleh sebesar 93,33% dengan kategori sangat praktis, dan tingkat kepraktisan dari angket praktikalitas oleh siswa diperoleh sebesar 89,89% dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan dapat dilihat dari angkket efektifitas oleh siswa diperoleh sebesar 86,41% denga kategori sangat efektif, dan tingkat keefektifan juga dilihat dari hasil kemampuan berpikir kreatif matematis diperoleh skor rata-rata sebesar 78,22 dengan kategori sedang. Adapun perolehan hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang, serta persentase yang diperoleh untuk mengukur efektifitas dari skor N-Gain sebesar 66% dengan kategori cukup efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis WEGOS (Web Google Sites) terintegrasi tiktok menggunakan creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maryana |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:46 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |