Putri, Amanda (2024) Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Terintegrasi Ethnophysics pada Alat Musik Tradisional Serdam Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
COVER MANDA.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_AMANDA PUTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan .pdf Download (209kB) |
Abstract
Putri, Amanda. 2024. Pengembangan Buku Pengayaan Fisika terintegrasi Ethnophsyics pada Alat Musik Tradisional Serdam Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) Hebat Shidow Falah, S.Pd., M.Sc. Kata kunci: buku pengayaan, fisika, ethnophysics, alat musik tradisional serdam Jambi Alat musik tradisional serdam Jambi merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang terdapat di Provinsi Jambi. Proses pembuatan serdam tersebut dapat diintegrasikan dalam bidang kajian ethnophysics, khususnya pada materi fisika. Akan tetapi, berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 5 Batanghari didapatkan data bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menjelaskan konsep fisika pada proses pembuatan alat musik tradisonal serdam Jambi. Selain itu, didapatkan pula data bahwa peserta didik lebih sering menggunakan sumber referensi wajib dibandingkan sumber referensi tambahan dalam proses pembelajaran fisika. Pada kenyataannya, sumber referensi tambahan seperti buku penunjang banyak tersedia di perpustakaan sekolah. Buku tersebut juga telah dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, namun belum tersedia buku penunjang yang dikaitkan dengan kearifan lokal, terkhusus pada proses pembuatan Alat Musik Tradisional Serdam Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku penunjang berupa buku pengayaan fisika SMA terintegrasi ethophysics pada proses pembuatan alat musik tradisional serdam Jambi dan untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik mengenai buku pengayaan tersebut. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun, tahap disseminate tidak dilakukan dalam penelitian ini. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 5 Batanghari yang berjumlah 37 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara, lembar validasi ahli, angket persepsi peserta didik, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Kearifan lokal, yang mencakup pembuatan alat musik tradisional serdam Jambi, digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konsep sains, terutama fisika. Buku pengayaan fisika SMA yang menggabungkan ethnophysics ke dalam proses pembuatan alat musik tradisional serdam Jambi layak untuk dipelajari dan dipraktikkan. Hasil validasi ahli materi dan ahli media masing-masing memperoleh persentase skor rata-rata sebesar 96.4% dengan kategori "sangat baik", dan hasil uji coba persepsi peserta didik atau uji kepraktisan juga memperoleh persentase skor rata-rata sebesar 86,07% dengan kategori "sangat baik". Dengan demikian, buku layak untuk digunakan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, fisika, ethnophysics, alat musik tradisional serdam Jambi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 01:49 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 01:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |