Pengaruh Penerapan Kumpulan Soal Kimia Argumentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi siswa pada Materi Termokimia

Liontin, Dini Fadila (2024) Pengaruh Penerapan Kumpulan Soal Kimia Argumentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi siswa pada Materi Termokimia. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (391kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Liontin, Dini Fadila. 2024. “Pengaruh Penerapan Kumpulan Soal Kimia Argumentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi siswa pada Materi Termokimia”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Muhammad Haris Effendi HSB, S.Pd., M.Si., Ph.D. (II) Dra. Yusnidar, M.Pd. Kata Kunci: Buku Kumpulan Soal Argumentasi, Kemampuan Argumentasi, Argumentasi Toulmin, Termokimia Pendidikan di Indonesia saat ini mengimplementasikan pembelajaran abad 21 dengan aspek menemukan dan mengatasi konsep yang berdasarkan pengalaman formal dalam kehidupan sehari-hari, merumuskan dan memberikan alasan-alasan yang mendukung kesimpulan, mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi argument dan lain. Berdasarkan dengan usaha mengembangkan kemampuan argumentasi siswa, penerapan buku kumpulan soal berbasis argumentasi cocok digunakan untuk meningkatkan argumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku kumpulan soal berbasis argumentasi terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi Termokimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proposive sampling yaitu kelas XI F1A dan XI F1B. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa field notes (analisis kualitatif) yang berisikan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 0,87 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,79 dengan kategori sedang. Pelaksanaan kelas eksperimen mempunyai pengaruh terhadap kemampuan argumentasi (dengan uji tindependen = 0,000 maka Ha diterima) pada materi termokimia dikelas XI F1A. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku kumpulan soal berbasis argumentasi dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa setelah diterapkan dikelas eksperimen dan dikelas kontrol pada materi termokimia di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. ABSTRACT Liontin, Dini Fadila. 2024. "The Effect of the Application of Argumentation Chemistry Question Sets to Improve Student Argumentation Skills on Thermochemical Materials". Thesis, Chemistry and Natural Sciences Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Jambi. Supervisor: (I) Muhammad Haris Effendi HSB, S.Pd., M.Si., Ph.D. (II) Dra. Yusnidar, M.Pd. Keywords: Argumentation Problem Collection Book, Argumentation Skills, Toulmin Argumentation, Thermochemistry Education in Indonesia currently implements 21st century learning with aspects of finding and overcoming concepts based on formal experience in everyday life, formulating and providing reasons that support conclusions, identifying, analyzing, evaluating arguments and others. Based on efforts to develop students' argumentation skills, the application of argumentation-based question collection books is suitable to be used to improve student argumentation. This study aims to determine the effect of using argumentation-based question collection books on students' argumentation skills on Thermochemistry material. The method used in this study is a mix method with a concurrent triangulation model type. The sampling technique is carried out by proposive sampling, namely class XI F1A and XI F1B. The research instrument used is an observation sheet in the form of field notes (qualitative analysis) containing teacher activities and student activities. The results of this study showed that the average score of the experimental class was 0.87 with the high category and in the control class was 0.79 with the medium category. The implementation of the experimental class has an influence on the ability of argumentation (with independent test = 0.000 then Ha is accepted) in thermochemical materials in class XI F1A. So it can be concluded that there is an influence of the use of argumentation-based question collection books in improving students' argumentation skills after being applied in experimental classes and control classes on thermochemical materials at SMA Negeri 11 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Kumpulan Soal Argumentasi, Kemampuan Argumentasi, Argumentasi Toulmin, Termokimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Liontin
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:41
Last Modified: 05 Jun 2024 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64483

Actions (login required)

View Item View Item