Pengaruh Strategi Differentiated Instruction Berdasarkan Gaya Belajar dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan Kelas VII SMP N 14 Kota Jambi

Kartika, Amalia (2024) Pengaruh Strategi Differentiated Instruction Berdasarkan Gaya Belajar dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan Kelas VII SMP N 14 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
AMALIA KARTIKA_SKRIPSI_A1C220017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB 1 TIKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB 5 TIKA.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TIKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP N 14 Kota Jambi serta model pembelajaran yang diterapkan dikelas masih menerapkan model konvensional. Adanya tuntutan kurikulum merdeka yang harus diterapkan secara serentak sehingga perlunya inovasi dalam membuat kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Maka dari itu, guru perlu mengetahui gaya belajarnya sehingga dapat mewujudkan tujuan dari penerapan kurikulum merdeka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari strategi Differentiated Instruction berdasarkan gaya belajar dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kesebangunan kelas VII SMP N 14 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design yang mana populasinya adalah siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VII F yang diberi perlakuan menggunakan strategi Differentiated Instruction berdasarkan gaya belajar dengan model Problem Based Learning dan kelas VII G yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh melalui angket gaya belajar, hasil pretest lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kedua kelas, serta hasil posttest. Penelitian ini dilakukan sebanyak 5 pertemuan untuk satu topik materi pada capaian pembelajaran. Hasil penelitian mengindikasi bahwa: (1) strategi Differentiated Instruction berdasarkan gaya belajar dengan model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kesebangunan kelas VII SMP N 14 Kota Jambi. Berdasarkan uji t terhadap data posttest dan uji lanjut omega squared diperoleh pengaruh berupa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa disetiap gaya belajar antara lain gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik masing-masing sebesar 10,6381%, 7,17869%, dan 7,57228%. Sehingga peningkatan pada gaya belajar visual lebih unggul; (2) masih ditemukan sebagian kecil siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal kesebangunan disetiap gaya belajar pada indikator kemampuan komunikasi matematis. Kesulitan siswa visual berada pada rentang 14,3%-28,6% dari 7 siswa, pada siswa auditori yaitu 5,6%-33,3% dari 18 siswa sedangkan pada siswa kinestetik antara 14,3%-28,6% dari 7 siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Differentiated Instruction, Gaya Belajar, Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kesebangunan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kartika
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:57
Last Modified: 07 Jun 2024 01:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64586

Actions (login required)

View Item View Item