Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kesiapan Belajar Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 9 Muaro Jambi

Ariyanti, Junia (2024) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kesiapan Belajar Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 9 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Halaman judul dan cover.pdf

Download (8kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Muaro Jambi pada Februari 2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek pada penelitian ini secara purposive sample. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 6 orang siswa diambil dari 28 siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Subjek terpilih merupakan 2 siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar tinggi (SKBT), 2 siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar sedang (SKBS), dan 2 siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar rendah (SKBR). Dalam penelitian ini, kemampuan penalaran matematis subjek dilihat berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar tinggi (S1KBT dan S2KBT) pada materi bentuk aljabar secara keseluruhan diperoleh 94,11% dan 88,23%, berada pada kategori tinggi. S1KBS dan S2KBS pada materi bentuk aljabar secara keseluruhan keduanya memperoleh 64,70%, berada pada kategori sedang. S1KBR dan S2KBR pada materi bentuk aljabar secara keseluruhan memperoleh 35,29% dan 41,17%. Ini berarti S1KBR dan S2KBR berada pada kategori rendah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Penalaran Matematis, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesiapan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ariyanti
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:58
Last Modified: 07 Jun 2024 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64591

Actions (login required)

View Item View Item