Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 111/1 Muara Bulian

Pebriyana, Lisa (2024) Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 111/1 Muara Bulian. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
FULL_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: ttps://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dalam penerapan model pembelajaran project based learrning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 111/1 muara bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 111/1 Muara Bulian dengan jumlah peserta didik 25 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 siswi perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran PKn, upaya dalam meningkatkan keterampilan berkolaborasi peserta didik menggunakan instrumen lembar observasi yang didasarkan pada kondisi awal dari keterampilan kolaborasi pada siklus I, pertemuan I perolehan skor adalah 36% dengan predikat kurang yang kemudian meningkat sekitar 16% sehingga menjadi 52% pada pertemuan II. Sementara itu, pada siklus II, pada pertemuan I, skor yang diperoleh adalah 72% meningkat sekitar 8% menjadi 80% pada pertemuan II , sehingga sudah mencapai taraf keberhasilan penelitian yang diharapkan, yaitu 75%. Dapat disimpulakan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 44%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah di lakukan maka dapat di tarik kesimpulan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dilihat sudah mencapai 75%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Kolaborasi, model project based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pebriyana
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:35
Last Modified: 07 Jun 2024 01:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64672

Actions (login required)

View Item View Item