Analisis Implementasi Standard Operating Procedure (SOP) Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi

Pakpahan, Bintang Jois (2024) Analisis Implementasi Standard Operating Procedure (SOP) Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (227kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (855kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Judul Tugas Akhir ini Analisis Implementasi Standar Operating Procedure(SOP) Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi. Tujuan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan juga menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini melibatkan 5 Orang anggota Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi dan 3 Orang masyarakat yang pernah melakukan pengaduan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi. Metode Analisis data menggunakan Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Implementasi SOP pada Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan belum dilaksanakan secara maksimal. Namun untuk aspek pelayanan sudah baik Sementara itu ditemukan juga hasil mengenai implementasi dari tujuh hal pokok dalam Standar Operasional Prosedur. (1) Efisiensi, SOP Pengelolaan Pengaduan Dugaan Pencemaran dan atau Kerusakan Lingkungan sudah efisien dalam segala aspek. (2) Konsistensi, SOP Pengelolaan Pengaduan Dugaan Pencemaran dan atau Kerusakan Lingkungan sudah ada sejak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi berdiri. (3)minimalisasi kesalahan, sebelum disahkan SOP Pengelolaan Pengaduan Dugaan Pencemaran dan atau Kerusakan Lingkungan ini diuji coba dahulu untuk melihat dan mencegah kesalahan yang mungkin terjadi. (4)Penyelesaian masalah, SOP Pengelolaan Pengaduan Dugaan Pencemaran dan atau Kerusakan Lingkungan tidak memuat aturan mengenai sanksi dan penyelesaian masalah. (5) perlindungan tenaga kerja, SOP Pengelolaan Pengaduan Dugaan Pencemaran dan atau Kerusakan Lingkungan tidak memuat aturan mengenai keselamatan kerja, jaminan sosial, namun diluar SOP ada aturan yang mengarahkan hal tersebut. (6) peta kerja, SOP Pengelolaan Pengaduan Dugaan Pencemaran dan atau Kerusakan Lingkungan hanya mengatur mengenai alur kerja dan pembentukan tim kerja saat melakukan verifikasi lapangan. (7)batas pertahanan, seluruh kegiatan terarsip dan terdokumentasi dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Kata Kunci : Standar Operasional Prosedur, Tujuh Hal Pokok Dalam SOP, Kualitas Pelayanan

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Standar Operasional Prosedur, Tujuh Hal Pokok Dalam SOP, Kualitas Pelayanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pakpahan
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:51
Last Modified: 07 Jun 2024 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64674

Actions (login required)

View Item View Item