BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA BERDASARKAN SISTEM PEMROSESAN INFORMASI

Agustina, Agustina (2024) BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA BERDASARKAN SISTEM PEMROSESAN INFORMASI. S2 thesis, Pascasarjana Pendidikan Matematika.

[img] Text
FULL TESIS AGUSTINA FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)

Abstract

Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah aljabar di sekolah, tercermin dari siswa sering mengandalkan rumus dan algoritma tanpa pemahaman yang mendalam tentang konsep dasar aljabar. Pemahaman mendalam tentang proses berpikir kritis dalam pemecahan masalah aljabar, terutama dalam preferensi gaya belajar siswa berdasarkan sistem pemrosesan informasi, masih terbilang minim. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses berpikir kritis dalam pemecahan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar siswa berdasarkan sistem pemrosesan informasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN 2 Kota Jambi yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil angket gaya belajar yang diberikan, diambil 6 orang subjek penelitian yang sesuai dengan kriteria dan mewakili masing-masing gaya belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan satu soal tes berpikir kritis dan wawancara untuk mengungkapkan kemampuan berpikir kritis dan pemrosesan informasi subjek dalam memecahkan masalah aljabar. Instrumen yang digunakan adalah tes berpikir kritis yang dikerjakan secara think aloud, angket gaya belajar dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh, dianalisis dengan kriteria indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Overview) dan teori pemrosesan informasi (sensory register, short term memory, long term memory). Hasil penelitian menunjukkan siswa bergaya belajar visual memenuhi indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Overview) dan melakukan semua pemrosesan informasi hingga long term memory. Siswa bergaya belajar auditori memenuhi indikator kriteria berpikir kritis FRI (Focus, Reason, Inference) dan mengalami forgotten lost pada long term memory. Siswa bergaya belajar kinestetik memenuhi indikator berpikir kritis FRISC (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity) dan melakukan semua pemrosesan informasi hingga long term memory.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: AGUSTINA
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:45
Last Modified: 07 Jun 2024 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64681

Actions (login required)

View Item View Item