PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT BERBANTUAN BOOK CREATOR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Fangera, Rinda Dui (2024) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT BERBANTUAN BOOK CREATOR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ARTIKEL PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT BERBANTUAN BOOK CREATOR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT.pdf

Download (325kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
COVER (2).pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
PERSETUJUAN & PENGEMBANGAN (2).pdf

Download (200kB)

Abstract

Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang berfokus pada bagaimana siswa memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia serta keterkaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan chemo-edutainment merupakan salah satu konsep pembelajaran yang menarik dan dapat memotivasi siswa untuk belajar, implementasi CET dapat di variasikan pada bahan ajar. Pada konsep CET ini, bahan ajar yang lebih ditekankan yaitu bahan ajar yang dapat menggabungkan antara education (pendidikan) dan entertainment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis chemo-edutainment secara konseptual, mengetahui penilaian guru mata pelajaran kimia dan mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrument penilaian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif komentar dan saran dan analisi data kuantitatif (rata-rata jawaban dan persentase) Hasil dari penelitian ini bahwa e-modul materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis chemo-edutainment mendapat hasil kelayakan ahli materi dan ahli media dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian guru mendapatkan kategori “Sangat Layak”, serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa sebesar 88,4%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e- modul materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis chemo-edutainment sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works

L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Fangera
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:52
Last Modified: 11 Jun 2024 02:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64843

Actions (login required)

View Item View Item