RAMADHAN, RAAFI GUSTI (2024) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN IKAN (STUDI KASUS DI TOKO IWA-QU JAMBI). S1 thesis, Pertanian.
![]() |
Text
SKRIPSI_RAAFI GUSTI RAMADHAN_D1B019015.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER_RAAFI GUSTI RAMADHAN_D1B019015.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN_RAAFI GUSTI RAMADHAN_D1B019015.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_RAAFI GUSTI RAMADHAN_D1B019015.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
BAB I_RAAFI GUSTI RAMADHAN_D1B019015.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB V_RAAFI GUSTI RAMADHAN_D1B019015.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_RAAFI GUSTI RAMADHAN_D1B019015.pdf Download (117kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan perkembangan hasil penjualan produk olahan ikan IWA-QU, 2). Mengetahui preferensi konsumen terhadap produk olahan ikan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode kuantitaif, analisis pertama menggunakan analisis regresi linear sederhana (trend analysis), sementara analisis kuantitatif kedua menggunakan alat analisis konjoin. Hasil penelitian ini menunjukkan 1). Perkembangan hasil penjualan Toko IWA-QU mengalami fluktuasi. Dilihat pada bulan April merupakan bulan dimana terjadi perubahan terbesar yang mengalami peningkatan yakni meningkat sebesar 48,05%. Hal ini dikarenakan pada bulan April tersebut merupakan bulan suci Ramadhan dan disaat sudah mendekati hari raya Idul Fitri maka terjadi peningkatan pesanan. Peningkatan terbesar kedua terjadi pada bulan Juli yakni meningkat sebesar 38,09%. Hal ini hampir sama dengan bulan April yang disebabkan oleh pada bulan tersebut mendekati hari raya Idul Fitri, pada bulan Juli ini juga dikarenakan adanya hari raya Idul Adha. Dari 9 produk IWA-QU yang dipasarkan, Rengginang Ikan merupakan produk yang paling banyak terjual. 2). Preferensi konsumen dari Toko IWA-QU diukur melalui atribut produk. Atribut produk yang paling penting bagi para konsumen IWA-QU yaitu kualitas produk yang memiliki nilai gizi yang tinggi, desain produk yang unik, merk produk yang memiliki sertifikat halal, kemasan produk yang tidak mudah rusak, pelayanan yang memberikan sapaan ramah, harga produk yang bervariatif, dan juga rasa produk yang bervariatif. Urutan importance value atribut produk IWA-QU yang paling diprioritaskan adalah kualitas produk, layanan, kemasan, rasa, merk, harga, dan desain. Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Analisis Konjoin, IWA-QU
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | Ramadhan |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:25 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |