Penerapan Strategi Conceptual Change Text (CCT) Melalui Media Interaktif Nearpod Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Perpindahan Kalor

Jusyati, Latifah (2024) Penerapan Strategi Conceptual Change Text (CCT) Melalui Media Interaktif Nearpod Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Perpindahan Kalor. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (175kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_LATIFAH JUSYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (374kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui dalam pembelajaran fisika. Miskonsepsi diartikan sebagai penafsiran konsep yang tidak sesuai dengan konsepsi yang dimiliki oleh para ahli. Salah satu topik dalam pembelajaran fisika yang cenderung ditafsirkan keliru adalah suhu dan kalor. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi salah satunya ialah media dan strategi belajar yang kurang sesuai pada proses pembelajaran. Miskonsepsi pada siswa berdampak kepada rendahnya hasil belajar siswa sehingga diperlukan upaya untuk mereduksi miskonsepsi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mereduksi miskonsepsi ialah dengan menggunakan media nearpod dengan penerapan startegi conceptual change text (CCT). Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat efektivitas penerapan conceptual change text (CCT) menggunakan media nearpod untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 36 siswa di SMAN 8 kota Jambi. Desain Penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon yang telah dilalukan memperoleh nilai asymp.Sig.(2-tailed) sebesar ,002. Dari hasil uji tersebut dapat diketahui bahwa sig yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menandakan bahwa penerapan Conceptual Change Text (CCT) menggunakan media nearpod dapat mereduksi miskonsepsi siswa pada materi perpindahan kalor. Misconceptions are one of the problems that are often encountered in physics learning. Misconceptions are defined as interpretations of concepts that do not match the conceptions held by experts. One of the topics in physics learning that tends to be interpreted incorrectly is temperature and heat. Many factors cause misconceptions, one of which is media and learning strategies that are not suitable for the learning process. Misconceptions among students have an impact on low student learning outcomes so efforts are needed to reduce misconceptions. One effort that can be made to reduce misconceptions is by using nearpod media with the application of the conceptual change text (CCT) strategy. The aim of this research is to see the effectiveness of implementing conceptual change text (CCT) using nearpod media to reduce students' misconceptions about heat transfer material. This research used quantitative methods with a sample of 36 students at SMAN 8 Jambi city. The research design used is one group pretest-posttest design. The results of the research using the Wilcoxon test which was carried out obtained an asymp.Sig.(2-tailed) value of .002. From the test results it can be seen that the sig obtained is smaller than 0.05 so that H0 is rejected and Ha is accepted. This indicates that the application of Conceptual Change Text (CCT) using nearpod media can reduce students' misconceptions about heat transfer material.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi conceptual change text (CCT), Media Nearpod, Miskonsepsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: JUSYATI
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:09
Last Modified: 19 Jul 2024 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64952

Actions (login required)

View Item View Item