PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENICS (GROUPING, EXPLORATING, DISCUSSION, INDIVIDUAL ACTIVITY,COMBINING, SHARING) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA

Aprianti, Yeni (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENICS (GROUPING, EXPLORATING, DISCUSSION, INDIVIDUAL ACTIVITY,COMBINING, SHARING) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstark.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Cover .pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Halaman Pengeshan.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Draft Skripsi Yeni Aprianti A1C420091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu dengan rancangan penelitian Non-randomized Control-Group Prestest Posttest Design. Subjek penelitian yakni siswa kelas XI SMA N 1 Kota Jambi. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas eskperimen XI F2 dan kelas kontrol XI F3. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes dan kuesioner MAI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini divalidasi oleh dosen pembimbing. Data penelitian berupa hasil kuesioner MAI, lembar keterlaksanaan sintaks, pretest, postest dianalisis menggunakan Quade’s rank test analysis of covariance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan metakognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan model GENICS dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model Direct Learning. Hasil uji hipotesis menggunakan Quade’s Rank Test Analysis Of Covariance menunjukkan adanya pengaruh besar model GENICS terhadap kemampuan metakognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 maka 〖 H〗_1 diterima, namun hasil belajar kognitif siswa memperlihatkan bahwa tidak memberikan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan mengontrol hasil belajar kognitif awalnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metakognitif, GENICS, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: APRIANTI
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:51
Last Modified: 22 Sep 2025 07:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64970

Actions (login required)

View Item View Item