Marianto, Anggi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI DORATOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (252kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk; 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Doratoon untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP; dan 2) mengetahui kualitas pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Dengan langkah-langkah dari model ADDIE yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Objek penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji kelayakan dari ahli materi, ahli media, dan responden (guru dan siswa). Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis video animasi dengan menggunakan aplikasi Doratoon dengan hasil penelitian kualitas instrumen oleh ahli instrumen mendapatkan persentase sebesar 76,2% dengan kategori valid, kualitas didaktik dan kontruksi oleh ahli materi mendapatkan persentae sebesar 76,9% dengan kategori valid dan kualitas teknis oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 79,3% dengan kategori valid, serta diperoleh persentase sebesar 96,54% peserta didik memberikan penilaian baik terhadap media pembelajaran berupa video animasi. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa media pembelajaran berbasis video animasi dengan menggunakan aplikasi Doratoon untuk meningkatkan minat belajar siswa layak diterapkan dalam proses pembelajaran karena tergolong valid, praktis, dan efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Doratoon, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MARIANTO |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 08:25 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 08:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |