PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PLATFORM DIGITAL CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI

Pratama, Aditya (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PLATFORM DIGITAL CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Aditya Pratama_A1A120047_Pendidikan Ekonomi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pernyataan.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB)

Abstract

Pratama, Aditya. 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Platform Digital Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Kota Jambi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd., (II) Novia Sri Dwijayanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar. Rendahnya hasil belajar yang didapatkan oleh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Kota Jambi pada mata pelajaran ekonomi disebabkan karena kurang termotivasinya siswa dalam proses pembelajaran. Kurangnya motivasi belajar tersebut juga disebabkan oleh masih minimnya media yang digunakan oleh guru. Masalah yang sering timbul dalam pengajaran adalah bagaimana menyajikan materi secara efektif dan efisien agar menghasilkan pencapaian yang maksimal. Selain itu, masalah lain yang sering muncul adalah kurangnya variasi dalam metode pengajaran, yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran berbasis platform digital canva terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan desain penelitian The Static Group Pretest-Posttest Design. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dari siswa kelas XI F3 dan XI F8 yang merupakan kelas yang memiliki jurusan IPS di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest yang berbentuk pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Dan mengolah data menggunakan aplikasi microsoft excel 2019. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode statistik. Hasil dari pretest menunjukan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen I sebesar 58,06 dan kelas eksperimen II sebesar 50,15. Untuk hasil posttest rata-rata nilai kelas eksperimen I sebesar 78,06 dan kelas eksperimen II sebesar 58,97. Setelah melihat hasil pretest dan posttest yang telah diberikan, Hasilnya terlihat bahwa kelas eksperimen I yang mendapatkan perlakuan menggunakan media pembelajaran berbasis platform digital canva mendapatkan hasil belajar yang lebih naik dibandingkan dengan hasil belajar kelas eksperimen II, dengan tingkat N-Gain kelas eksperimen I 0,54 (sedang) dan kelas eksperimen II 0,29 (rendah). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan platform digital canva pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pratama
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:28
Last Modified: 12 Jun 2024 04:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65058

Actions (login required)

View Item View Item