Dedi, Riyanto (2024) Efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI SMA negeri 8 kota jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan .pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DEDI RIYANTO FULL.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kepercayaann diri merupakan sikap atau perilaku yang harus dimiliki olehseorang siswa. Belajar dengan rasa percaya diri akan membawa semangat belajardan keberanian dalam diri siswa. Peneliti menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok teknik Role playing dengan drama (bermain peran) tema seorang anak dan guru. Hasil observasi yang dilakukan peneliti dengan guru BK, diskusi kelompok sering tidak berjalan efektif karena siswa enggan menyatakan pendapat dalam kelompok. Apabila soal dikerjakan dalam kelompok, sering kali hanya salah satu siswa yang mengerjakan tugasnya dan siswa lain hanya tinggal menyalin jawaban yang telah dikerjakan oleh salah satu anggota tersebut Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas XI berjumlah 153 orang.Sampel pada penelitian ini berjumlah 10 orang siswa dari 32 orang dalam satu kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil Pretest menunjukkan terdapat 8 orang memiliki kepercayaan diri rendah dan 2 orang memiliki kepercayaan diri yang cukup atau sedang. Hasil Postest menunjukkan terjadinya peningkatan kepercayaan diri 10 orang peserta didik dengan diadakannya layanan bimbingan kelompok yaitu 8 orang dengan kepercayaan diri tinggi sedangkan 2 orang lainnya memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Layanan Bimbingan Kelompok
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : kepercayaan diri, layanan bimbingan kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIYANTO |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 06:45 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 06:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |