SARI, RUKMILA HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN SIKAP SOLIDARITAS SOSIAL SISWA KELAS X DI SMA N 7 KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN SIKAP SOLIDARITAS SOSIAL SISWA KELAS X DI SMA N 7 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
cover skripsi.docx Download (30kB) |
|
![]()
|
Image
pengesahan.jpg Download (142kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (19kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Rukmila: 2018. Hubungan Antara Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Sikap Solidaritas Sosial Siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembimbing I Drs. Irzal Anderson, M.Si . Pembimbing II Maryatun Kabatiah,S.Pd, M. Pd. Kata-kata Kunci: Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sikap Solidaritas Sosial Siswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang dirancang untuk menjadikan siswa sebagai warga negara yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Sikap solidaritas sosial merupakan salah satu sikap yang ada dalam pembelajaran PPKn. Hal ini akan berhubungan dengan prestasi belajar PPKn karena didalam prestasi belajar dapat melihat bagaimana penguasaan siswa terhadap pengetahuan, sikap dan ketrampilan mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untung mengetahui Hubungan Antara Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Sikap Solidaritas Sosial Siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasional, dilaksanakan di SMA Negeri 7 Kota Jambi pada siswa kelas X IPS dan IPA dengan sampel berjumlah 64 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah angket. Angket tersebut memiliki beberapa item pernyataan, untuk sikap solidaritas sosial terdiri dari 21 item untuk dilakukan analisis dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007 dan SPSS 16.0 Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, maka diperoleh data: 1) prestasi belajar PPKn kelas X IPS di SMA Negeri 7 kota Jambi termasuk dalam katagori cukup, dengan nilai 61-65 mencapai persentase 23,43% dan dengan nilai 51-55 mencapai persentase 23,43%. 2) bahwa sikap solidaritas sosial siswa kelas X IPS dan IPA di SMA Negeri 7 Kota Jambi, termasuk dalam katagori tinggi, dengan nilai 66-87 mencapai persentase 69%. Hasil uji korelasi sederhana antara data prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas sosial siswa didapat nilai korelasinya sebesar 0,760 atau berkatagori tinggi dan dari uji-t signifikan didapat nilainya sebesar thitung = 9.220 > ttabel = 1.999. Dari perhitungan tersebut maka terjawab hipotesisnya yaitu terdapat hubungan antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas sosial siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Di sarankan Kepada guru diharapkan dapat meningkatkan cara mengajarnya dengan menyeimbangkan pembelajaran kognitif dan afektif sehingga prestasi belajar siswa baik dan sikap solidaritas siswa sosial juga baik. Kepada siswa untuk dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn karena secara tidak langsung dengan meningkatnya prestasi belajar PPKn dapat menumbuhkan sikap solidaritas sosial siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RUKMILA SARI |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 01:56 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 01:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |