Kurniawan, Aldi Muhamat (2024) Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMP Sederajat Se-Kecamatan Sungai Gelam Pada Materi Gelombang Bunyi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Full Skripsi Aldi Muhamat kurniawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (31kB) |
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu belum dilakukan pengukuran dan analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMPN sederajat Se-Kecamatan Sungai Gelam pada materi gelombang bunyi. Hal ini diperlukan karena keterampilan proses sains dan kemampuan pemecahan masalah yang menjadi tuntutan pada kurikulum 13 serta penting dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMPN sederajat Se-Kecamatan Sungai Gelam pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-April tahun 2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Desain penelitian yang digunakan yaitu kausal asosiatif untuk melihat hubungan sebab akibat antar dua variabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data keterampilan proses sains peserta didik menggunakan instrumen berupa lembar observasi. pengambilan data kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan instrumen berupa soal esai. Kemudian dilakukan analisis data uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan bantuan software SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMPN sederajat Se-Kecamatan Sungai Gelam pada materi gelombang bunyi, dengan persentase kontribusi pengaruh pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 48,5% sedangkan 51.5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak diteliti. Kemudian persamaan regresinya yaitu Y = 0.047 + 0.687X yang berarti setiap ada penambahan nilai X sebesar 1 maka nilai Y juga bertambah sebesar 0.687. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMPN sederajat Se-Kecamatan Sungai Gelam pada gelombang bunyi. The background to this research is that no measurement and analysis of the influence of science process skills have been carried out on the problem-solving abilities of SMPN students of the same level in Sungai Gelam District on the subject of sound waves. This is necessary because science process skills and problem solving abilities are demands in curriculum 13 and are important in learning physics. This research aims to determine the influence of science process skills on the critical thinking abilities of SMPN equivalent students in Sungai Gelam District on the subject of sound waves. This research was conducted in January-April 2023. This research uses quantitative research with survey methods. The research design used is associative causal to see the causal relationship between two variables. The sampling technique uses cluster random sampling technique. Collecting data on students' science process skills uses an instrument in the form of an observation sheet. collecting data on students' problem solving abilities using an instrument in the form of essay questions. Then the prerequisite test data and hypothesis testing were analyzed using SPSS 25 software. Based on the results of the analysis of hypothesis testing with a significance level of 5%, it can be concluded that there is an influence of science process skills on the critical thinking abilities of students at SMPN equivalent in Sungai Gelam District on sound wave material, with the percentage contribution of the influence of science process skills on problem solving abilities that is equal to 48.5% while the other 51.5% is influenced by other variables that are unknown and not researched. Then the regression equation is Y = 0.047 + 0.687X, which means that every time the X value increases by 1, the Y value also increases by 0.687. The conclusion obtained in this research is that there is an influence of science process skills on the problem solving abilities of SMPN students of the same level in Sungai Gelam District on sound waves.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran fisika, keterampilan proses sains, kemampuan pemecahan masalah, gelombang bunyi, pengaruh. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | KURNIAWAN |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 03:19 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 03:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |