KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

SYAHIRA, FIZNA (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (11kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 112/I Perumnas pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yakni One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan observasi terhadap keterlaksanaan aktivitas pendidik dan peserta didik serta memberikan tes soal essay kepada peserta didik. Kemudian data diolah dengan melakukan perbandingan hasil sebelum pemberian tindakan (pretest) dengan hasil sesudah pemberian tindakan (posttest). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilai kemampuan awal sebelum diberikan perlakuan menggunakan model PBL, yakni 65,70 dan rata-rata nilai kemampuan akhir setelah diberikan perlakuan model PBL, yakni 85,38. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dan hasil N-Gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang sehingga peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik tergolong cukup efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based learning cukup efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas V sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Syahira
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:24
Last Modified: 19 Jun 2024 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65453

Actions (login required)

View Item View Item