Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 165/1 Singkawang

Rafidah, Rana (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 165/1 Singkawang. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
TESIS RANA RAFIDAH P2A622018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V dan mengetahui Bagaimana kreativitas siswa setelah menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (dalam Arikunto, 2010) yaitu terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 165/1 Singkawang pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan mendeskripsikan hasil observasi atau pengamatan. Analisis data penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran project based learning dilakukan sesuai sintak model pembelajaran project based learning yaitu menentukan pertanyaan mendasar, membuat desain perencanaan proyek, menyusun jadwal, mengawasi siswa dan kemajuan proyek, menguji hasil dan mengevaluasi pengalaman. Penguatan penerapan model ini disesuaikan dengan waktu yang tersedia dan diiringi petunjuk yang jelas pada siswa terkait kegiatan yang akan dilakukan. Pemberian motivasi kepada setiap individu siswa bisa berperan aktif dalam kegiatan kelompok menjadi kunci keberhasilan penerapan model pembelajaran project based learning. Siklus 1 kreativitas siswa masih rendah dikarenakan ada beberapa indikator yang belum tercapai. Siklus 1 siswa masih malu-malu untuk menyampaikan rasa ingin tau nya, hanya berpatokan apa yang disampaikan guru dan masih mengajukan pertanyaan gurauan. Siklus II pelaksanaan tindakan kelas terjadi perubahan yang cukup signifikan, terutama siswa mampu menuangkan sesuatu ide baru, mengungkapkan pendapatnya tanpa rasa malu-malu, memiliki rasa ingin tau yang besar dan siswa memiliki jiwa yang kreatif. Penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kreativitas siswa setelah penerapan model project based learning. Hal tersebut ditandai ketika kegiatan membuat proyek dapat bekerjasama dengan semua anggota kelompok, Mampu menuangkan sesuatu ide baru, mengungkapkan pendapatnya tanpa rasa malu-malu, bertanggungjawab mengelola proyek dengan baik di dalam kelompok, memiliki jiwa ingin tahu yang besar dan juga memiliki jiwa yang kreatif. Berdasarkan pengamatan dan diskusi yang dilakukan antara peneliti dan guru pada siklus II, maka upaya perbaikan yang dilakukan secara umum dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa di SDN 165/1 Singkawang. Kata Kunci : Model project based learning, Kreativitas

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model project based learning, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Rana Rafidah
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:26
Last Modified: 21 Jun 2024 01:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65538

Actions (login required)

View Item View Item