Pengembangan Bahan Ajar IPAS tentang Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal menggunakan Aplikasi Canva Di Sekolah Dasar

Notalia Isa, Vika (2024) Pengembangan Bahan Ajar IPAS tentang Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal menggunakan Aplikasi Canva Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER 1 dan 2.pdf

Download (135kB)
[img] Text
persetujuan pengesahan.pdf

Download (203kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_VIKA NOTALIA ISA_A1D120105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan (I) untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar IPAS tentang Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal menggunakan Aplikasi Canva di Sekolah Dasar, (2) untuk mendeskripsikan tingkat validitas bahan ajar IPAS tentang Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal menggunakan Aplikasi Canva di Sekolah Dasar, (3) untuk mendeskripsikan tingkat kepraktisan bahan ajar IPAS tentang Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal menggunakan Aplikasi Canva di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseacrh and Development). Penelitian pengembangan bahan ajar IPAS tentang Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal menggunakan Aplikasi Canva di Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di SDN 56/I Desa Aro. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi, validasi bahasa dan validasi media. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru dan tanggapan siswa untuk melihat kepraktisan Bahan ajar IPAS. Hasil penelitian dan pengembangan ini meliputi (1) bahan ajar IPAS tentang keragaman budaya dan kearifan lokal menggunakan aplikasi canva di sekolah dasar (2) hasil validitas bahan ajar menunjukkan bahwa dari validasi ahli materi dengan skor rata-rata 4,6 yang berada dalam kategori sangat valid, validasi ahli Bahasa dengan skor rata-rata 4,4 yang berada dalam kategori sangat valid dan validasi ahli media dengan skor rata-rata 4,6 yang berada dalam kategori Sangat Valid, (3) hasil kepraktisan bahan ajar dari angket respon guru sebesar 4,9 yang berada dalam kategori sangat praktis dan angket respon oleh siswa sebesar 4,5 dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar IPAS tentang Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal menggunakan Aplikasi Canva di Sekolah Dasar secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar IPAS, Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal, Canva
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ISA
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:41
Last Modified: 24 Jun 2024 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65597

Actions (login required)

View Item View Item