IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 80/I MUARA BULIAN

TANTI, RISKA (2024) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 80/I MUARA BULIAN. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
RISKA TANTI_PDF SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text
RISKA TANTI_COVER[1].pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN RISKA.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (77kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tanti, Riska. 2024. Implementasi media interaktif animasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 80/I Muara Bulian : Skripsi, Jurusan Pendidikan anak usia dini dan dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si. (II) Risdalina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Media Interaktif Animasi, Pemahaman Peserta Didik Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan implementasi media interaktif animasi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 80/I Muara Bulian. (2) mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 80/I Muara Bulian. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN 80/I Muara Bulian di Kabupaten Batanghari. Hasil penelitian ini, bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta didik dapat diamati melalui indikator pemahaman, yakni: menjelaskan konsep IPAS sederhana, menguraikan konsep, memberikan contoh konsep IPAS, dan menyimpulkan suatu konsep IPAS. Peningkatan dalam proses pembelajaran tersebut terjadi secara bertahap dari siklus I sampai siklus II dengan mengimplementasikan media interaktif video animasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa implementasi media interaktif video animasi berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik dengan persentase 72,22%. Implementasi media interaktif animasi cocok digunakan guru sekolah dasar dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: TANTI
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:04
Last Modified: 25 Jun 2024 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65660

Actions (login required)

View Item View Item