Arfika, Rafiola Weny (2024) PENGARUH MEDIA YOUTUBE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI RAFIOLA WENY ARFIKA A1B120028...pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (190kB) |
Abstract
Mengidentifikasi Unsur-unsur berita dan menyimpulkan isi berita merupakan bagian dari materi teks berita yang tingkat kesulitannya cukup tinggi. Kendala-kendala tersebut disebabkan karena dalam pembelajaran hanya memanfaatkan tulisan yang ada dalam buku, sementara para peserta didik kurang berminat untuk membaca teks berita tersebut. Selain itu minimnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai juga membuat peserta didik sulit untuk mengerti materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media YouTube dengan model pembelajaran Problem based learning terhadap kemampuan mengidentifikasi Unsur-unsur berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengambilan data dengan melakukan tes, yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Adapun teknik analisis data menggunakan uji t dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pada tahap pretest memperoleh nilai rata-rata 65,34, sedangkan pada tahap posttest memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,54 Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh pada dua tahap tes tersebut, rata-rata nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai pretest. Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,515>0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan perhitungan program SPSS 26, diperoleh nilai signifikansi 0,801>0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berdistribusi homogen. Setelah itu, pada tahap uji hipotesis diperoleh signifikan atau sig.(2.tailend) sebesar 0,00<0,05, hasil ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil dari analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan statistik uji t menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video YouTube dengan model pembelajaran Problem based learning terhadap kemampuan mengidentifikasi Unsur-unsur berita dan menyimpulkan isi berita. Identifying news elements and concluding news content is part of the news text material which has a fairly high level of difficulty. These obstacles are caused because in learning they only use the writing in books, while students are less interested in reading the news texts. Apart from that, the minimal use of appropriate learning models also makes it difficult for students to understand the material being taught. This research aims to see the effect of using YouTube media with the problem based learning model on the ability to identify news elements in class VII students at SMP Negeri 11 Jambi City. The research method used is a quantitative method and uses experimental research. The research design used in this study was pretest-posttest control group design. The sample in this research was class VII A with a sampling technique using purposive sampling technique. In this research, researchers collected data by carrying out tests, namely an initial test (pretest) and a final test (posttest). The data analysis technique uses the t test with the prerequisite test of normality test and homogeneity test using the help of the SPSS 26 application. Based on the results of the analysis, it shows that at the pretest stage the average score was 65.34, while at the posttest stage the average score was 80.54. Based on the average score obtained at the two test stages, the average posttest score was higher. compared with the average pretest score. Based on the results of the normality test, it is known that the significance value is 0.515>0.05, so it can be concluded that the residual value is normally distributed. Based on the results of the homogeneity test using the SPSS 26 program, a significance value of 0.801>0.05 was obtained, so it can be concluded that this research has a homogeneous distribution. After that, at the hypothesis testing stage, a significant or sig.(2.tailend) of 0.00<0.05 was obtained. This result shows that there is a significant influence between the pretest value and the posttest value that has been carried out. Based on the results of data analysis using the normality test, homogeneity test and hypothesis testing with t test statistics using the SPSS 26 application, it can be concluded that there is a significant influence in the use of YouTube video media with the problem based learning model on the ability to identify news elements and summarize the contents of the news.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | YouTube, Problem Based Learning, Teks Berita |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Arfika |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 02:25 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 02:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |