Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Pada Mata pelajaran Ekonomi Materi Struktur Pasar Kelas X di SMA Adhyaksa 1 JaMBI

Ilham, Muhammad (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Pada Mata pelajaran Ekonomi Materi Struktur Pasar Kelas X di SMA Adhyaksa 1 JaMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (168kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam menambah media pembelajaran karena minimnya penggunaan media pembelajaran karena pembelajaran masih menggunakan media konvensional seperti buku dan pembelajaran berfokus pada guru, serta guna penelitian ini untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, validitas, dan kepraktisan media pembelajaran berbasis flashcard pada materi struktur pasar di kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMA Adhyaksa 1 Jambi pada tanggal 26 Maret sampai 26 April 2024 dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X Fase E SMA Adhyaksa 1 Jambi yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: hasil wawancara kebutuhan terkait pengembangan produk didapatkan dari wawancara guru bidang studi ekonomi, dam wawancara peserta didik kelas X . Validitas produk didapatkan dari validasi ahli media dan validasi ahli materi. Kepraktisan produk didapatkan dari angket respon guru serta peserta didik uji kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran telah melewati prosedur pengembangan model 4D dan menunjukkan tingkat validitas produk dari validator media memperoleh skor 115 dengan persentase sebesar 88,4% termasuk kategori “sangat valid” ,validator materi memperoleh skor 117 dengan persentase sebesar 93,4% termasuk kategori “sangat valid”. Adapun respon dari keterbutuhan peserta didik dari produk yang diperoleh dari peserta didik memperoleh skor 165 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase 94,9 %. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis flashcard pada mata pelajaran ekonomi materi struktur pasar di kelas X SMA telah melalui tahapan prosedur pengembangan model 4D dan dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flashcard, Model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ilham
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:40
Last Modified: 27 Jun 2024 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65756

Actions (login required)

View Item View Item