Pengaruh Literasi Digital terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berargumentasi pada Materi Getaran, Gelombang dan Cahaya di SMPN Se-Kecamatan Jambi Luar Kota

Septiani, Neni (2024) Pengaruh Literasi Digital terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berargumentasi pada Materi Getaran, Gelombang dan Cahaya di SMPN Se-Kecamatan Jambi Luar Kota. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (5kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
FULL DRAFT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Adapaun permasalahan dalam penelitian ini yaitu peserta didik cenderung mengambil informasi yang didapatkan tanpa mencari tahu kebenaran dan keakuratan dari informasi yang didapatkan secara online. Untuk keterampilan proses sains peserta didik yang melibatkan pengamatan, pengukuran dan penyusunan hipotesis yang informasi dari online kurang akurat maka dalam menarik kesimpulan akhir kurang akurat. Selain itu, dalam penyusunan argumentasi peserta didik cenderung kurang didukung dengan informasi yang tepat sehingga dalam menyampaikan pendapat kurang tepat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap keterampilan proses sains dan pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berargumentasi pada materi getaran, gelombang dan cahaya di SMPN Se-Kecamatan Jambi Luar Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode non eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN Se-Kecamatan Jambi Luar Kota. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sehingga diperoleh sampel yaitu 2 kelas. Pengambilan data literasi digital diperoleh dengan mengisi lembar angket. Pada pengambilan data keterampilan proses sains diperoleh dengan lembar observasi. Sedangkan untuk kemampuan berargumentasi diperoleh dengan mengisi tes soal esai. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Selanjutnya data diolah dengan bantuan software SPSS 27. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berargumentasi peserta didik di SMPN Se-Kecamatan Jambi Luar Kota pada materi getaran, gelombang dan cahaya. Dengan persentase kontribusi pengaruh literasi digital terhadap keterampilan proses sains sebesar 39,5% dan persentase kontribusi pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berargumentasi sebesar 40,9%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berargumentasi, Keterampilan Proses Sains, Literasi Digital, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Septiani
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:50
Last Modified: 03 Jul 2024 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65985

Actions (login required)

View Item View Item