Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler Teater di SMA Negeri 11 Muaro Jambi

Rahmalia Putri, Lilis (2024) Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler Teater di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LILIS RAHMALIA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi bakat dan minat agar apa yang siswa inginkan dapat terealisasikan. Aktivitas ekstrakurikuler ini merupakan aktivitas yang dilakukan diluar jam pembelajaran akademik sehingga program ekstrakurikuler ini juga dapat memberikan dampak yang baik pada kegiatan akademik siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam memotivasi siswa sert mengidentifikasi strategi dan evaluasi yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan prestasi ekstrakurikuler Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, pembina ekstrakurikuler teater dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dimulai dari kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Sedangkan uji validitas data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala sekolah SMA Negeri 11 Muaro Jambi memberikan ruang yang memadai bagi siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan di luar intrakurikuler. Salah satu strategi kepala sekolah dalam memotivasi siswa yaitu dengan memberikan apresiasi secara terbuka dengan tujuan untuk memberikan pengakuan publik terhadap usaha dan pencapaian siswa. Evaluasi yang dilakukan kepala sekolah yaitu memperhatikan tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan teater, mengumpulkan umpan balik untuk mengevaluasi kualitas produksi teater serta memilih pelatih profesional dari luar yang memiliki keahlian khusu di bidang teater

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kepala Sekolah, Motivator, Prestasi, Teater
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:51
Last Modified: 03 Jul 2024 02:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66017

Actions (login required)

View Item View Item