Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Adhyaksa Kota Jambi

Erlinda, Desma (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Adhyaksa Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI ERLIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (871kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Erlinda, Desma. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ips Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Adhiyaksa Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr.Rosmiati, S.Pd., M.Pd., (2) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: model PBL, berpikir kritis, pelajaran ekonomi Dalam menghadapi abad 21 ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian dari pendidikan yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menciptakan manusia yang bermutu. Adapun keterampilan yang harus dimiliki dalam menghadapi persaingan global yang semakin pesat yaitu keterampilan berpikir kritis, untuk menunjang keterampilan tersebut pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning merupakan sebuah model yang digunakan dalam melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning mempengaruhi berpikir kritis siswa dan bagaimana perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang mana masing-masing kelas diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini dilakukan di SMA Adhyaksa Kota Jambi pada tahun 2024. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 yang mana masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. penelelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Data diperoleh dari data kuantitatif dengan cara menganalisis hasil temuan hipotesis selama penelitian dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Adhyaksa Kota Jambi. hal itu dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti.Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Adhyaksa Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model PBL, berpikir kritis, pelajaran ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ERLINDA
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:17
Last Modified: 03 Jul 2024 02:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66120

Actions (login required)

View Item View Item