PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI DI SMA PN BATANG KIBUL KABUPATEN MERANGIN

MUBAROQ, AL (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI DI SMA PN BATANG KIBUL KABUPATEN MERANGIN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK AL MUBAROQ.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I AL MUBAROQ.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V AL MUBAROQ.pdf

Download (35kB)
[img] Text
COVER AL MUBAROQ.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ALMUBAROQ.pdf

Download (31kB)
[img] Text
SKRIPSI AL MUBAROQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN AL MUBAROQ.pdf

Download (185kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Al Mubaroq, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mengikuti Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Di Sma Pn Batang Kibul Kabupaten Merangin: Skripsi, Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Reza Hadinata, S.Si., M.Pd. (II) Iwan Budi Setiawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran , Kooperatif, TGT (Team Games Tournament), Bola Voli. Penelitian ini bertujuan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (Team Games Tournamen) TGT terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing atas bola voli di SMAN PN Batang Kibul. Sebagai tutor sebaya, model ini melibatkan unsur permainan yang dapat membangkitkan semangat belajar dan memanfaatkan reinforcement. Aktivitas pembelajaran dengan permainan yang diintegrasikan dalam model TGT memungkinkan siswa belajar secara lebih santai, sambil mengembangkan tanggung jawab, kejujuran, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Dengan menggunakan metode Team Games Tournament, diharapkan siswa dapat lebih mudah dan mengaplikasikan materi yang diajarkan oleh guru. Mereka juga dapat saling berdiskusi tentang permasalahan permasalahan yang muncul, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini dilakukan di SMA PN Batang Kibul Kabupaten Merangin pada Februari-Maret 2024. Data penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan pengukuran dalam PTK yang menjadi subjek penelitian adalah siswa dan siswi SMA PN Batang Kibul Kabupaten Merangin yang berjumlah 15 orang siswa dengan komposisi prempuan 10 dan laki laki 5. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif dimbil dari tes hasil belajar siswa dan sedangkan data kuantitatif diambil dari observasi guru dan siswa kelas XII SMA PN Batang Kibul Merangin. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XII SMA PN Batang Kibul Merangin. Data yang dihimpun dalam penelitian ini mencakup informasi mengenai kondisi siswa yang dianalisis dari segi kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data hasil yang diperoleh pada siklus I terdapat ketuntasan klasikal siswa sebanyak 8 orang dengan persentase 53%, sedangkan siswa yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 7 siswa dengan persentase 46%. Dan siklus II siswa yang telah mencapai nilai KKM sebanyak 13 siswa dengan persentase 86%, sedangkan siswa yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 2 siswa dengan persentase 13%. Dapat disimpulkan bahwa untuk peningkatan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada kelas XII SMA PN Batang Kibul Kabupaten Merangin terlihat pada siklus I terdapat 8 siswa yang mencapai KKM dengan persentase 53% dan pelaksanaan penelitian siklus II hasilnya meningkat dengan jumlah yang didapat yaitu 13 siswa yang mencapai nilai KKM dengan persentase 86%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran , Kooperatif, TGT (Team Games Tournament), Bola Voli.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUBAROQ
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:28
Last Modified: 03 Jul 2024 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66123

Actions (login required)

View Item View Item