Fahriansyah, Muhammad Dimas (2024) Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VA SD Negeri 66/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA kelas VA SDN 66/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 66/IV Kota Jambi dengan jumlah siswa 34 orang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), dokumentasi dan instrument untuk mengukur kreativitas siswa adalah lembar observasi kreativitas siswa dan lembar observasi kegiatan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VA pada pembelajaran IPA di SDN 66/IV Kota Jambi. Hal ini ditunjukkan dengan muncunya 4 indikator kreativitas siswa pada proyek 1 dan proyek 2 yang dilakukan di siklus I dan II. Siswa tampak dapat mengembangkan ide dan gagasan mereka dalam merencanakan, menyusun, mendesain hingga mengerjakan dan menyelesaikan proyek secara maksimal. Selain itu secara kuantitatif, peningkatan tersebut dapat terlihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklus I pertemuan pertama sebanyak 35%, siklus I pertemuan kedua 65% dengan peningkatan sebanyak 30%. Pada siklus II pertemuan pertama 85% dengan peningkatan 20% dan pertemuan kedua sebanyak 100% mengalami peningkatan sebanyak 15%. Berdasarkan dari hasil yang penelitian sudah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA kelas VA SDN 66/IV Kota Jambi. Kata Kunci : PJBL, Kreativitas, Pembelajaran IPA
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Pembelajaran IPA, PJBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FAHRIANSYAH |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:15 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |