Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dengan Menggunakan teknik Join Learning Groups dan Task Planning Groups di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Jambi

ROSNITA, . (2024) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dengan Menggunakan teknik Join Learning Groups dan Task Planning Groups di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Jambi. S2 thesis, universitas jambi.

This is the latest version of this item.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
TESIS ROSNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK ROS (1).pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS ROSNITA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB I TESIS ROSNITA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB V TESIS ROSNITA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
COVER TESIS ROSNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
Official URL: https://repository unja..ac.id

Abstract

ABSTRAK Rosnita. 2024. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dengan Menggunakan teknik Join Learning Groups dan Task Planning Groups di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Jambi: Tesis, Jurusan Pendidikan Magister Matematika dan limu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I). Prof.Dr.Drs. Syaiful, M.Pd, (II) Dr.Drs.Syamsurizal, M.Si. Kata Kunci : Berpikir Kritis, teknik Joint Learning Groups dan teknik Task Planning Groups,SPLDV Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan teknik Join Learning Groups dan teknik Task Planning Groups kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi. Teknik join learning groups pengelompokan siswa dimana satu kelompok siswa kerja dengan kegiatan yang saling terkait dengan kelompok lain, hasilnya seperangkat yang saling terkait dan teknik task planning groups bentuk pengelompokan berdasarkan rencana tugas yang akan diberikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan dalam 7 kali pertemuan pada materi (SPLDV). Sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 37 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal essay dengan pretes sebelum pembelajaran soal essay postest sesudah pembelajaran. kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan teknik Joint Learning Groups, kelompok kontrol diberi perlakuan dengan teknik Task Planning Groups. dari hasil uji ANOVA dua arah hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matemtis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan penerapan teknik Joint Learning Groups terhadap kemampuan peningkatan kemampuan berpikir kritis matemtis siswa. dimana nilai signifikansi didapatkan hasil bahwa H0 ditolak, nilai signifikansinya 0.003< 0.05, maka H0 ditolak atau diterima H1., 2) Terdapat peningkatan penerapan teknik Task Planning Groups terhadap kemampuan peningkatan kemampuan berpikir kritis matemtis siswa dibuktikan dengan, nilai signifikansinya 0.031< 0.05, maka H0 ditolak atau diterima H1 dan 3) diterapkan di kelas eksperimen diketahui nilai sig =0,011 < 0,05 kelas eksperimen nilai rata-rata (mean) 71.54 dan kelas kontrol nilai rata-rata (mean) 63,61, berdasrkan nilai N-Gain kelas eksperimen 0,51 dan kelas kontrol 0,29 Terdapat peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik Join Learning Groups, Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara teknik Join Learning Groups dan teknik Task Planning Groups terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memperhatikan teknik-teknik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, teknik Joint Learning Groups dan teknik Task Planning Groups
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ROSNITA
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:00
Last Modified: 03 Jul 2024 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66192

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item