Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi di SMP

Yunita, Wiwin (2024) Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi di SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi adalah rendahnya kemampuan literasi numerasi. Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikembangkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan literasi numerasi materi teorema phytagoras di SMP N 9 Kota Jambi, serta untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan literasi numerasi materi teorema phytagoras. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Kota Jambi pada Januari 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperimental Design menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 239 siswa dari 7 kelas, sampel penelitian adalah kelas VIII D, VIII E dan VIII G yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan literasi numerasi dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil uji one-way ANOVA, diperoleh nilai signifikansi 0,003<0,05, artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dalam menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan literasi numerasi materi teorema phytagoras di SMP N 9 Kota Jambi. Setelah dilakukan uji Tukey didapatkan uji kesamaan rata-rata, yang menunjukkan bahwa penerapan model CTL dan PBL memiliki rata-rata tes kemampuan literasi numerasi 17,71 dan 17,43 yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (DI) dengan rata-rata skor 15, 06. Kesulitan-kesulitan yang di alami siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan literasi numerasi materi teorema Pythagoras terdapat pada indikator kedua dan ketiga, yaitu kesulitan dalam menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk gambar segitiga siku-siku, kesulitan menganalisis informasi dalam bentuk (gambar) mengggunakan teorema Pythagoras dan kesulitan menafsirkan hasil analisis guna memprediksi, merumuskan, dan mengambil keputusan. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan sebagai pilihan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. The problem identified in eighth-grade students at SMP Negeri 9 Kota Jambi is low numeracy literacy skills. Numeracy literacy is an essential skill that needs to be developed in students. This study aims to describe the impact of implementing Contextual Teaching and Learning (CTL) and Problem Based Learning (PBL) models assisted by student worksheets on numeracy literacy skills in the Pythagorean theorem material at SMP N 9 Kota Jambi. It also aims to describe the difficulties experienced by students in solving numeracy literacy test questions related to the Pythagorean theorem. The research was conducted at SMP Negeri 9 Kota Jambi in January 2024. This quantitative study used a True Experimental Design method with a Posttest-Only Control Group Design. The population consisted of 239 eighth-grade students from 7 classes in the 2023/2024 academic year. The sample, selected using Simple Random Sampling, included classes VIII D, VIII E, and VIII G. Research instruments used were numeracy literacy skills tests and learning implementation observation sheets. Based on the one-way ANOVA test results, a significant effect was found in implementing CTL and PBL models assisted by student worksheets on numeracy literacy skills in the Pythagorean theorem material. The Tukey test showed that the CTL and PBL models had better average numeracy literacy test scores (17.71 and 17.43, respectively) compared to the Direct Instruction (DI) model (15.06). Students experienced difficulties in the second and third indicators of the numeracy literacy test, including interpreting problems into right-angled triangle diagrams, analyzing information in diagrams using the Pythagorean theorem, and interpreting analysis results to predict, formulate, and make decisions. The Contextual Teaching and Learning (CTL) and Problem Based Learning (PBL) models can be used as alternative learning models to improve students' numeracy literacy skills.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Problem Based Learning (PBL), Literasi Numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:47
Last Modified: 03 Jul 2024 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66216

Actions (login required)

View Item View Item