PENGEMBANGAN MULTIMEDIA NEARPOD BERBASIS CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

Silitonga, Ivan Ruphinus P (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA NEARPOD BERBASIS CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (9kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
FULL DRAF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Miskonsepsi adalah kesalahpahaman seseorang terhadap konsep awal yang dimilikinya dan tidak konsisten dengan konsep yang benar secara ilmiah. Masalah miskonsepsi adalah tantangan akademis yang harus segera diatasi, dan membutuhkan strategi yang tepat untuk mereduksi miskonsepsi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui efektivitas penggunaan media Nearpod dengan pendekatan Conceptual Change Text (CCT) dalam mereduksi miskonsepsi siswa kelas XI SMA Adhyaksa Kota Jambi pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini dilakukan di SMA Adhyaksa Kota Jambi pada Mei tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian diperoleh dengan melakukan pretest dan postest kepada peserta didik dan diolah secara statistik. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan berupa ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling pada 31 siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Terjadinya penurunan miskonsepsi siswa sebagai dampak dari pengembangan media Nearpod yang dilengkapi dengan CCT (Conceptual Change Text). Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan rincian data sebagai berikut, z = -2,201, p < 0,05 atau Asymp.Sig.(2-Tailed), dengan effect size (Dampak) large (r = 0,63), dan median score atau rata-rata penurunan miskonsepsi Md = 22,6, kemudian setelah diberikan perlakuan nilainya menjadi Md = 11,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penurunan miskonsepsi siswa dari pretest hingga postest adalah signifikan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Conceptual Change Text, Miskonsepsi, Nearpod
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: SILITONGA
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:10
Last Modified: 04 Jul 2024 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66245

Actions (login required)

View Item View Item