PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TWO-TIER MULTIPLE CHOICE TENTANG PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Saputra, Archi Herman (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TWO-TIER MULTIPLE CHOICE TENTANG PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Archi Herman Saputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (275kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (33kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Instrumen tes two-tier multiple choice merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa. Siswa cenderung sulit memahami konsep fisika dikarenakan biasanya guru dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah. Ditambah guru biasanya jarang menggunakan metode demonstrasi dalam mengajar. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor siswa tidak paham konsep dan hanya menerima pembelajaran berupa rumus dan konsep yang abstrak. Setelah melalui wawancara dengan guru mata pelajaran fisika didapatkan hasil bahwa hasil nilai dari mata pelajaran fisika khususnya usaha dan energi masih tergolong rendah dan penelitian yang menggunakan metode instrument ini belum pernah dilakukan di SMA N10 Kota Jambi.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes two-tier multiple choicel yang dapat mengukur tingkat pemahaman konsep siswa terhadap materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan. Pada tahapan ini akan dihasilkan instrumen tes two-tier yang kemudian divalidasi oleh tim ahli yang selanjutnya diujicobakan pada siswa untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI F7 SMA N 10 Kota Jambi yang berjumlah 22 orang siswa. Produk yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini adalah 15 item instrumen tes two-tier multiple choice pada materi usaha dan energi. Hasil validasi tim ahli materi diperoleh bahwasanya instrumen valid dan layak diujicobakan. Hasil analisis butir soal dari uji coba tiap instrumen menunjukkan bahwa semua item instrumen tes memiliki kategori valid dengan interpretasi “Sedang”, dan “Tinggi”. Rata-rata tingkat kesukaran butir soal berada pada kategori “Sedang” dengan nilai 0,49, rata-rata daya pembeda butir soal berada pada kategori “Cukup” dengan nilai 0,36 dan reliabilitas instrumen tes memiliki kategori “Tinggi” dengan nilai 0,76, artinya instrumen tes tw-tier multiple choice ini reliabel atau dapat dipercaya untuk digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman konsep siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes, Two-tier, Pemahaman Konsep, Usaha dan Energi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Saputra
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:50
Last Modified: 08 Jul 2024 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66604

Actions (login required)

View Item View Item