Ramadhan, Rani (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS IX.1 SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI MELALUI LESSON STUDY DENGAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
RANI RAMADHAN SKRIPSI - 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Ramadhan, Rani, 2024. Analisis Pembelajaran IPA Pada Materi Listrik Dinamis Kelas IX.1 Smp Islam Al-Falah Kota Jambi Melalui Lesson Study Dengan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA): Skripsi, Jurusan Pendidikan Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pemmbimbing: (I) Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Pd. (II) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Lesson Study, Transcript Based Lesson Analysis, TBLA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran di SMP Islam Al-falah Kota Jambi bersifat teacher centered ataukah student centered. Latar belakang penelitian ini dilakukan Transcript Based Lesson Analysis merupakan analisis pembelajaran berbasis bukti yang digunakan untuk menganalisis proses pembelajaran IPA yang terlaksana apakah bersifat teacher centered learning (TCL) atau Student Centered Learning (SCL). Hal itu karena tuntutan kurikulum saat ini adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa, namun seringkali tidak sesuai dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan lesson study dalam proses pembelajaran IPA dan menganalisis proses pembelajaran IPA berbasis transcript based lesson analysis pada materi listrik dinamis di SMP Islam AL-Falah Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi pada 16 Oktober sampai 13 November 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX.1 yang terdiri dari 16 siswa dan sampel penelitian adalah 4 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik non-probability sampling. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan program pembelajaran melalui tiga tahapan, perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rekaman video atau audio pembelajaran, dokumentasi, dan lembar catatan lapangan pengelitian. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus lesson study. Pelaksanaan lesson study dilakukan sesuai dengan desain pembelajaran yang dibuat, pada siklus I siswa terlihat mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru model, tetapi masih harus di rangsang oleh guru model sehingga guru model lebih mendominasi pada pembelajaran siklus I. Pada siklus II ini kegiatan pembelajaran praktik secara berkelompok membuat siswa aktif dalam pembelajaran dengan inskusi bersama teman satu kelompok ataupun kelompok lainnya. Secara keseluruhan pembelajaran dikelas IX.1 SMP Islam Al-Falah Kota Jambi masih dikategorikan teacher centered learning (TCL). Untuk mencapai kategori student centered learning guru harus memilih metode mengajar yang lebih berfokus pada siswa sebagai aktor utama pembelajaran, seperti membuat kelompok, diskusi, ataupun melakukan praktik sederhana seperti pada siklus II dimana student centered learning (SCL) dapat tercapai.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lesson Study, TBLA, analisis pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | RAMADHAN |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 03:25 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |