Pengembangan Media Pembelajaran Digital Storytelling untuk Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Narasi

Gustap, Sri Rahayu (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Storytelling untuk Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Narasi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Halaman persetujuan & pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (201kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI-SRI RAHAYU GUSTAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Adhyaksa 1 Jambi pada maret 2024, data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket validasi kepada ahli instrument dan lembar instrument wawancara kepada guru utama dan siswa. Setelah angket dan lembar instumen wawancara dikembalikan, data dianalisi secara kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media digital storytelling mampu menarik minat siswa dalam belajar terutama pada materi teks narasi dalam cerita fantasi. Terdapat keterkaitan dalam hasil wawancara yang dilakukan terhadap siswa SMP Adhyaksa 1 Jambi yang mana dapat menunjang peningkatan kemampuan siswa dalam kompetensi menulis teks narasi. Dengan penilaian dari ahli materi, ahli media dan praktisi. Dengan perolehan media yakni 64% ahli media, 81% dari siswa, sedangkan materi dengan perolehan 93%. Materi pada aspek pembelajaran sudah relevan dengan KI KD yang ada, materi sesuai dengan indikator, kejelasan uraian materi dalam media pembelajaran sudah sesuai, penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dipahami siswa. Untuk sisi media sudah diterapkan dengan baik dari animasi, penggunaan background, audio yang sesuai dan jelas, serta karakter yang mendukung materi. Jika hasil penilaian yang didapatkan oleh peneliti tergolong rentang 60% keatas dengan demikian produk media digital storytelling dapat dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis teks narasi sesuai dengan hasil implementasi produk oleh peneliti. Dari hasil penelitian disarankan bagi guru Bahasa Indonesia kelas VII, penggunaan media digital storytelling dapat digunakan dalam peningkatan kemampuan dan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks deskripsi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital storytelling, kompetensi, pengembangan, teks narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Gustap
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:33
Last Modified: 08 Jul 2024 03:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66765

Actions (login required)

View Item View Item