Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Gaya Belajar Kinestetik Siswa Kelas VIII SMP

Khotimah, Khusnul (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Gaya Belajar Kinestetik Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi_khusnul khotimah_RSA1C217018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (913kB)
[img] Text
lembar pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (475kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (898kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan suatu proses yang dilakukan siswa untuk menyelesaikan persoalan menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya dengan empat indikator yaitu memahami masalah dengan mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur lainnya, merumuskan masalah matematik atau menyusun model matematika, menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah, dan memeriksa atau menafsirkan hasil yang diperoleh. Kemampuan ini memungkinkan siswa memperoleh proses yang tepat bukan hanya hasil yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gaya belajar kinestetik siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian berjumlah 3 orang siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dan diberi label dengan S-K1, S-K2 dan S-K3. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Dalam penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan tes angket gaya belajar V-A-K, lembar tes kemampuan pemecahanmasalah matematis serta wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan gaya belajar kinestetik yaitu S-K1, S-K2 dan S-K3 belum mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah matematis dengan lengkap. Berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kinestetik masing-masing didapat kualifikasi nilai sebesar S-K1 72, S-K2 79 serta S-K3 83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik tersebut dalam kategori baik dengan berada dalam kurva kualifikasi nilai kemampuan pemecahan masalah matematis 70,00 – 84,99.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Belajar Kinestetik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: KHOTIMAH
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:04
Last Modified: 09 Jul 2024 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66840

Actions (login required)

View Item View Item