Desain E-Modul Berbasis M-APOS Terintegrasi FILATOD(Film Animasi:TOONTASTIC 3D) Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII SMP

sari, latifa rahdiani (2024) Desain E-Modul Berbasis M-APOS Terintegrasi FILATOD(Film Animasi:TOONTASTIC 3D) Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (639kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar siswa karena proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis M-APOS Terintegrasi Filatod (Film Animasi: Toontastic 3D) Guna meningkatkan motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah dosen Program Studi Pendidikan Matematika sebagai tim ahli, guru matematika kelas VII 1 SMP Batang Hari, dan siswa kelas VII 1 Batang Hari. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas desain dan materi, angket praktikalitas untuk guru dan siswa, angket respon siswa, tes hasil belajar serta angket motivasi Belajar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis M-APOS Terintegrasi Filatod (Film Animasi: Toontastic 3D) memenuhi kriteria kualitas produk yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. E-Modul yang dikembangkan dinyatakan layak di mana untuk aspek kevalidan diperoleh persentase skor penilaian sebesar 80% dengan kriteria “Valid” pada segi materi dan skor 91,1% dengan kriteria “Sangat Valid” pada segi desain. Untuk aspek kepraktisan, diperoleh persentase skor sebesar 91,1% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh guru dan skor 93,77% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh siswa. Untuk aspek keefektifan, diperoleh persentase skor 95,11% dengan kriteria “Sangat Efektif” dari hasil angket respon siswa dan sehingga media pembelajaran dinyatakan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tingkat keefektifan ini juga dilihat berdasarkan tes hasil belajar, perolehan rata-rata skor tes hasil belajar siswa yakni diperoleh persentase 81% dengan kategori Sangat “Efektif’’. Kemudian tinggkat keefektifan juga dilihat dari angket motivasi belajar matematika siswa, perolehan rata-rata skor angket motivasi belajar siswa setelah menggunakan E-Modul berbasis model M-APOS terintegrasi film animasi menggunakan Toontastic 3D adalah 89,46% dengan kategori “Tinggi”. Dengan demikian dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat dengan e-modul berbasis M-APOS terintegrasi film animasi

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : E-Modul, M-APOS, Film Animasi 3D, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SARI
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:10
Last Modified: 11 Jul 2024 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66925

Actions (login required)

View Item View Item