PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

Partika HN, Hairani (2024) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. S2 thesis, Magister Pendidikan Matematika.

[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
TESIS HAIRANI PARTIKA HN FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjung Jabung Barat. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari Self-efficacy dengan menggunakan One-Group Pretest- Posttest Design yaitu menggunakan 1 kelas eksperimen dengan memberikan pretes dan posttest. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjung Jabung Barat tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 116 siswa dan terbagi menjadi 4 kelas. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 siswa . Sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling berdasarkan gaya belajar siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket Self-efficacy, dan observasi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji ANOVA dua jalur dan uji lanjut uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar visual, audiori, dan kinestetik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 2) Terdapat perbedaan pengaruh self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan 3) Tidak terdapat terdapat interaksi antara penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dengan Self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat Self-efficacy tinggi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hairani Partika HN
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:42
Last Modified: 09 Jul 2024 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66989

Actions (login required)

View Item View Item