Pengembangan e-LKPD Berbasis PjBL-STEM Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa SMA

Yuliandari, Yuliandari (2024) Pengembangan e-LKPD Berbasis PjBL-STEM Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI YULIANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB)

Abstract

e-LKPD merupakan lembar kegiatan yang membantu peserta didik dengan mudah menyelesaikan kegiatan pembelajaran dalam bentuk elektronik yang dapat dilihat pada komputer desktop, laptop, dan smartphone atau handphone. e-LKPD yang dirancang secara menarik sebagai media ajar yang dinilai mampu menumbuhkan kemampuan literasi sains peserta didik. Model PjBL diintegrasikan dengan STEM mampu meningkatkan ketertarikan, motivasi, kreativitas, dan efektifitas serta mampu mempengaruhi pengembangan sikap peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis PjBL-STEM pada materi hidrolisis garam untuk menumbuhkan kreativitas siswa SMA serta mengetahui kelayakan menurut ahli materi, ahli media, penilaian guru, dan respons peserta didik terhadap media yang telah dikembangkan. Pengembangan e-LKPD berbasis PjBL-STEM menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dilakukan penilaian oleh guru kemudian diuji satu-satu dan kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari ahli materi dan ahli media masing-masing rerata skor sebesar 4,5 dan 4,66 dalam kategori sangat layak. Selanjutnya, diperoleh penilaian oleh guru kimia dengan rerata skor sebesar 4,6 sangat baik, serta mendapat respons yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase 87,33% pada uji coba satu-satu dan 84% pada uji coba kelompok kecil dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis PjBL-STEM yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu media tambahan belajar dan berpotensi untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik. e-LKPD is an activity sheet that helps students easily complete learning activities in electronic form that can be viewed on desktop computers, laptops, and smartphones or cellphones. e-LKPD is attractively designed as a teaching medium which is considered capable of developing students' scientific literacy skills. The PjBL model integrated with STEM is able to increase interest, motivation, creativity and effectiveness and is able to influence the development of students' attitudes in learning. This research aims to develop e-LKPD based on PjBL-STEM on salt hydrolysis material to foster high school students' creativity and determine the feasibility according to material experts, media experts, teacher assessments, and students' responses to the media that has been developed. Development of e-LKPD based on PjBL�STEM using the Lee & Owens development model. The data analysis techniques used are qualitative data analysis and quantitative data analysis. The results of this research were obtained from material experts and media experts, with average scores of 4.5 and 4.66 respectively in the very appropriate category. Furthermore, the assessment by the chemistry teacher and student responses with a mean score of 4.6 and a feasibility percentage of 87.33% in one-on-one trials and 84% in small group trials with a very good category. Based on the results obtained, it can be concluded that the PjBL-STEM based e-LKPD developed is suitable for use as an additional learning medium and has the potential to foster students' creativity.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YULIANDARI
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:37
Last Modified: 10 Jul 2024 07:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67235

Actions (login required)

View Item View Item