ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PtLSV Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi

Sihotang, Maria Ronauli (2024) ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PtLSV Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak Maria.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Cover Maria.pdf

Download (973kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
SKRIPSI_A1C220062_Maria Ronauli Sihotang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESEHAN.pdf

Download (866kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa yang diamati dari aktivitas metakognitif dalam pemecahan masalah PtLSV ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Muaro Jambi masing-masing 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent. Instumen pada penelitian ini berupa tes Group Embedded Figure Tes (GEFT) untuk memilih siswa dengan kognitif field independent dan field dependent, lembar tes soal pemecahan masalah PtLSV dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent memiliki metakognisi dalam pemecahan masalah yang berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas metakognitif siswa dalam pemecahan masalah. Siswa dengan kategori field independent memenuhi semua indikator aktivitas metakognitif awareness, evaluation, dan regulation dalam empat tahap pemecahan masalah. Sementara siswa pertama dengan gaya kognitif field dependent hanya memenuhi indikator aktivitas metakognitif awareness, evaluation, dan regulation pada tahap memahami masalah dan merencanakan solusi. Kemudian siswa kedua dengan gaya kognitif field dependent hanya memenuhi aktivitas metakognitif awareness, evaluation, regulation pada tahap memahami masalah dimana siswa menyadari apa yang diketahui dan ditanya pada soal namun belum memiliki strategi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah PtLSV. Hal ini menunjukkan gaya kognitif memiliki implikasi signifikan terhadap metakognisi karena gaya kognitif dapat memodifikasi cara siswa berpikir dan berinteraksi dengan informasi yang diterima. Dengan demikian, gaya kognitif dapat mempengaruhi bagaimana siswa memahami, memproses, dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah matematika. This research aims to describe student metacognition observed from metacognitive activities in solving PtLSV problems in terms of field independent and field dependent cognitive styles in class VII students at SMP Negeri 1 Muaro Jambi. This research was conducted at SMP Negeri 1 Muaro Jambi in the 2023/2024 academic year. This type of research is qualitative research. The subjects of this research were 4 students in class VIIA of SMP Negeri 1 Muaro Jambi, 2 students each with a field independent cognitive style and a field dependent cognitive style. The instruments in this research were the Group Embedded Figure Test (GEFT) to select students with field independent and field dependent cognitive, PtLSV problem solving test sheets and interview guide sheets. The results of this research show that students with field independent and field dependent cognitive styles have different metacognition in problem solving. This can be seen from students' metacognitive activities in problem solving. Students in the field independent category fulfill all metacognitive activity indicators of awareness, evaluation, and regulation in the four stages of problem solving. Meanwhile, the first student with a field dependent cognitive style only fulfills the metacognitive activity indicators of awareness, evaluation, and regulation at the stage of understanding the problem and planning a solution. Then the second student with a field dependent cognitive style only fulfills the metacognitive activities of awareness, evaluation, regulation at the stage of understanding the problem where students are aware of what they know and are asked about the questions but do not yet have a strategy for solving PtLSV problem solving questions. This shows that cognitive style has significant implications for metacognition because cognitive style can modify the way students think and interact with the information received. Thus, cognitive style can influence how students understand, process, and use information to solve mathematical problems.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metakognisi, pemecahan masalah, gaya kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIHOTANG
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:27
Last Modified: 10 Jul 2024 08:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67245

Actions (login required)

View Item View Item