Safitri, Puja (2024) Penggunaan Video Blog sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peneliti menemukan masalah rendahnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas VIII H SMP Negeri 22 Kota Jambi. Peneliti mencoba menggunakan media pembelajaran video blog dalam menulis teks eksposisi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan video blog sebagai media pembelajaran menulis teks eksposisi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII H SMP Negeri 22 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya, yaitu siswa kelas VIII H dan objek penelitiannya, yaitu menulis teks eksposisi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan tugas menulis teks eksposisi. Aspek yang dinilai dalam menulis teks eksposisi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu bagaimana membuat tesis, menyajikan argumen, fakta dan opini, serta penegasan ulang atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video blog sebagai media pembelajaran menulis teks eksposisi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa telah memperoleh hasil yang baik. Rincian nilai setelah menggunakan video blog sebagai media pembelajaran yaitu, 7 dari 25 siswa memperoleh nilai baik sekali, 7 dari 25 siswa memperoleh nilai baik, 6 dari 26 siswa memperoleh nilai cukup baik, dan 5 dari 25 siswa memperoleh nilai kurang dari KKM. Researchers found the problem of low student interest in learning to write expository texts in class VIII H of SMP Negeri 22 Jambi City. Researchers try to use video blog learning media in writing expository texts to improve students' critical thinking skills. This research aims to describe the use of video blogs as a learning medium for writing expository texts to improve the critical thinking skills of class VIII H students at SMP Negeri 22 Jambi City. The research method used is a qualitative method with a descriptive approach. The research subjects are students in class VIII H and the research objects are writing, namely expository texts. The data collection techniques in this research are observation, interviews, and the task of writing expository text. The aspects assessed in writing expository texts to improve critical thinking skills are how to create a thesis, present arguments, facts and opinions, as well as reaffirmation or conclusions. The research results show that the use of video blogs as a learning medium for writing expository texts to improve students' critical thinking skills has obtained good results. Details of the scores after using video blogs as a learning medium, namely, 7 out of 25 students got very good scores, 7 out of 25 students got good scores, 6 out of 26 students got quite good scores, and 5 out of 25 students got scores less than the KKM.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video blog, media pembelajaran, teks eksposisi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Safitri |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 02:21 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 02:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |