PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI HIDROKARBON DI FASE F SMA

Bagariang, Giraulina Juniver (2024) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI HIDROKARBON DI FASE F SMA. S1 thesis, Pendidikan Kimia.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
COVER (1).pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LAPORAN SKRIPSI_GIRAULINA JUNIVER BAGARIANG_A1C120044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN RESPOSITORI.pdf

Download (374kB)

Abstract

E-Modul berbasis multipel representasi menyajikan materi secara multipel representasi, akni penggunaan berbagai model representasi untuk memfasilitasi terhubungnya tigas level representasi kimia yaitu representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. E-modul berbasis multipel representasi terdiri atas materi, kegiatan pembelajaran SiMaYang Tipe II, video pembelajaran, soal latihan, dan soal evaluasi yang dapat dijadikan sebagai pegangan guru atau peserta didik dalam melaksanakan aktivitas belajar di sekolah maupun di luar sekolah secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis multipel representasi pada materi hidrokarbon, mengetahui hasil validasi, penilaian guru, dan respons peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model desain pembelajaran berbasis multipel representasi yang terdiri dari 11. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, angket dan tes berupa berupa soal pretest dan posttest. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala Likert dan dianalisis berdasarkan rerata skor, serta rata-rata skor gain terhadap instrumen tes. Hasil penelitian diperoleh dari validasi dari ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan dua ahli media dengan masing-masing diperoleh rerata skor 4,5 (sangat baik), 4,4 (sangat baik), dan 4,5 (sangat baik). Mendapatkan penilaian guru dengan rerata skor 4,7 (sangat baik), memperoleh respons positif dari peserta didik dengan rerata skor 4,6 (sangat baik) pada uji coba satu-satu dan 4,8 (sangat baik) pada uji coba kelompok kecil. Hasil perbandingan nilai pretest dan posttest peserta didik memperoleh nilai N-Gain 0,81 dengan kategori tinggi. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul berbasis multipel representsi memperoleh hasil validasi sangat baik secara teoritis berdasarkan validasi ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media, serta sangat baik secara praktis berdasarkan penilaian guru dan respons peserta didik. E-modul berbasis multipel representasi yang dikembangkan memberikan dampak tinggi terhadap peningkatan kemampuan multiple representasi peserta didik pada materi hidrokarbon.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Bagariang
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:16
Last Modified: 12 Jul 2024 08:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67576

Actions (login required)

View Item View Item