Sihotang, Roniasi Kharisma Uli (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPN 10 MUARO JAMBI. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPN 10 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
Skripsiku.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Download (60kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan Dan Pengesahan.pdf - Published Version Download (938kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (80kB) |
![]() |
Text
Bab1.pdf - Published Version Download (191kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf - Published Version Download (48kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf - Published Version Download (187kB) |
Abstract
Sihotang, Roniasi Kharisma Uli. 2024. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 10 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M. Pd., (II) Dr. Ilham Falani, S. Pd., M. Si. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, Problem Based Learning, Relasi dan Fungsi. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMPN 10 Muaro Jambi masih belum memenuhi kriteria yang diharapkan ditunjukkan dari hasil jawaban siswa pada saat peneliti melakukan observasi dengan memberikan tes berbentuk uraian. Terdapat banyak siswa yang masih belum mampu menuliskan jawaban sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis pada soal yang berbentuk uraian. Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada saat proses KBM hanya model pembelajaran yang berorientasi pada guru sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII C dan VIII D SMPN 10 Muaro Jambi. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang memilih dua kelas sampel sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk melihat keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan PBL dan konvensional. Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel yakni 2.383012 > 2.004879, sehingga dari hasil perhitungan tersebut dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan taraf kepercayaan 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model PBL terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas eksperimen 75,62 dan 69,96 pada kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMPN 10 Muaro Jambi. Sihotang, Roniasi Kharisma Uli. 2024. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 10 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M. Pd., (II) Dr. Ilham Falani, S. Pd., M. Si. Keywords: Mathematical Problem Solving, Problem Based Learning, Relationships and Functions. Mathematical problem solving ability is one of the abilities that students must have. But in reality, many students still experience problems and this results in low mathematical problem solving abilities. This research aims to determine the significant influence of the Problem Based Learning (PBL) model on increasing students' mathematical problem solving abilities in class VIII relationship and function material at SMPN 10 Muaro Jambi. This research is quantitative research. The method used in this research is the experimental method and the research design uses a Pretest-Posttest Control Group Design which provides one treatment to the same subject in the form of using the Problem Based Learning Model to Improve Students' Mathematical Problem Solving Ability in the Material of Relations and Functions for class VIII SMPN 10 Muaro Jambi with sampling using simple random sampling techniques. Based on the results of hypothesis testing in the experimental and control classes using the formula described in the previous chapter, the average test score for mathematical problem solving abilities using the PBL model has a higher significance compared to the conventional model with the research results that tcount > ttable, namely 2.383012 > 2.004879, so that from the calculation results it is stated that H0 is rejected and H1 is accepted with a confidence level of 95%. It can be concluded that the level of confidence to reject H0 and correctly support the hypothesis H1 is 95%. This can be interpreted as saying that the PBL model is better at improving students' mathematical problem solving abilities than using conventional models. The average value of learning activities using the PBL model by teachers is 90% and students are 87% in the good category. The average score for implementing learning activities using the conventional model by teachers is 85% and students are 79% in the good category. This shows that the PBL model has an influence on increasing students' mathematical problem solving abilities in relation and function material in class VIII SMPN 10 Muaro Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sihotang |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 04:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 04:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |