Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Pembelajaran Fisiologi Hewan Berbasis Praktikum Di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

TOMMY, MUHAMAD and Hamidah, Afreni and Syahri, Wilda (2024) Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Pembelajaran Fisiologi Hewan Berbasis Praktikum Di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Muhamad Tommy_P2A522008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (949kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian keterampilan proses sains mahasiswa pada pembelajaran fisisologi hewan berbasis praktikum dengan tujuan untuk menanalisis keterampilan proses sains yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi. Metode penelitian yang digunakan deskriftif kuantitaif dengan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap pelaksanaan kegiatan praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 116 orang mahasiswa. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pada pelaksanaan kegiatan praktikum fisiologi hewan, keterampilan proses sains mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2022 masih terdapat kategori kurang terampil diantaranya pada keterampilan klasifikasi sebesar 63%, prediksi sebesar 63%, interpretasi sebesar 59%dan menerapkan konsep sebesar 58% hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahanan konsep teori mahasiswa yang diajarkan oleh dosen sehingga dalam aktivitas praktikum kurang maskimal dalam menerapkan teori baru, sedangkan keterampilan merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, mengajukan pertanyaan, observasi, berhipotesis, dan komunikasi berkategori terampil. Simpulannya berdasarkan hasil tersebut rata-rata keterampilan proses sains mahasiswa masih berkategori kurang terampil ada empat keterampilan dengan persentase dibawah 63% dan rata-rata berkategori terampil sebanyak enam keterampilan dengan persentase diatas 69%.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Science process skills, practical learning, animal physiology.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Muhamad Tommy
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:15
Last Modified: 16 Jul 2024 03:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67983

Actions (login required)

View Item View Item