Weni, Iswana PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
0. COVER.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
pengesahan.docx Download (331kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.docx Download (29kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
Abstract
ABSTRAK Iswana, Weni. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Berbasis Nilai-nilai Karakter Bangsa untuk Kegiatan Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor) di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D. Pembimbing (II) Dr.Dra. Evita Anggereini, M.Si. Kata kunci : Instrumen Penilaian Afektif, Nilai-nilai Karakter Bangsa, Outdoor Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan, serta tanggapan mahasiswa pendidikan biologi terhadap Instrumen Penilaian Afektif Berbasis Nilai-nilai Karakter Bangsa untuk Kegiatan Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor) yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip pembelajaran biologi sehari-hari pada kegiatan outdoor berbasis nilai-nilai karakter bangsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Validator terhadap produk ini terdiri dari validator media dan validator materi. Produk indtrumen penilaian afektif yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media setelah revisi adalah 98,44% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase untuk instrumen penilaian diri adalah 81,25% dan persentase untuk instrumen penilaian observasi adalah 86,25% dengan kategori sangat baik. Produk yang telah divalidasi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Ujicoba kelompok kecil produk dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi dengan jumlah responden 8 orang. Persentase tanggapan responden 82,55% dengan kategori sangat baik. Kemudian untuk ujicoba kelompok besar dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi dengan jumlah responden 20 orang. Persentase tanggapan responden 89,89% dengan kategori sangat baik. Hasil tanggapan tersebut menunjukkan respon positif terhadap Instrumen Penilaian Afektif Berbasis Nilai-nilai Karakter Bangsa untuk Kegiatan Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor) di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WENI ISWANA |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 04:30 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 04:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |